Salut, Ketua RT di Banyuwangi Ini Gotong Royong Bantu Warga Terimbas Covid-19

oleh -

Banyuwangi, ArahJatim.com – Di tengah pandemi corona, aksis solidaritas warga terus bermunculan untuk meringankan beban hidup warga yang terdampak secara sosial ekonomi. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh seorang Ketua RT di Banyuwangi ini.

Adalah Pudjo Wahyu Widodo, Ketua RT 01/RW 02 Lingkungan Brawijaya Banyuwangi yang berinisiatif mengajak warga di lingkungannya  bergotong royong menggalang bantuan untuk warga yang terdampak Covid-19. Sebanyak 54 warga yang terimbas pandemi covid 19 mendapat bantuan paket sembako, masing-masing berupa 30 kilogram beras, 4 liter minyak goreng, mie instan, dan kecap.

Pudjo mengatakan pembagian paket sembako ini ia lakukan lantaran prihatin melihat kesulitan yang dialami warganya karena pendapatan hariannya berkurang akibat terdampak Covid-19.

“Banyak warga yang setiap harinya mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, kini kesulitan menjalankan aktivitas karena imbas dari Covid-19. Seperti tukang ojek, pemilik warung makan, maupun tukang,” ujar Pudjo.

Dari situ, lanjut Pudjo, pihaknya langsung tergerak mengajak warga yang mampu untuk mengulurkan tangan membantu tetangga sekitarnya yang terimbas. Pudjo hanya berpikir bagaimana warganya yang terdampak bisa segera mendapat bantuan untuk menyambung hidupnya.

“Saya paham sekali, tidak mungkin semua beban ini kami serahkan ke pundak pemerintah, tangan pemerintah pasti terbatas. Kami cuman berpikir, apa yang bisa kami lakukan untuk sekitar kita, mari kita lakukan sekarang. Toh, warga yang terdampak ini adalah tetangga kita sendiri yang sudah seharusnya kita bantu,” kata Pudjo.

Pudjo pun lalu door-to-door mengajak warga menyisihkan sebagian rezekinya, demi membantu warga yang tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19. Setiap sore dan pagi selama beberapa hari, Pudjo dan sejumlah pengurus RT mengajak warga sambil bersepeda kayu.

“Alhamdulillah, banyak yang merespon baik. Mereka ada yang langsung menyumbang beras, minyak goreng, maupun donasi uang. Semua kami kumpulkan dalam waktu seminggu, dan langsung kami bagikan ke warga yang layak mendapatkan bantuan,” kata Pudjo.

Bantuan yang terkumpul dari warga RT 01 tersebut tercatat beras sebanyak 300 kg, donasi uang senilai Rp 6,5 juta, dan sejumlah kebutuhan dapur lainnya.

Ditambahkan Pudjo, setiap warga yang terimbas langsung diberi paket sembako yang diperkirakan bisa untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka selama tiga bulan ke depan. Dia telah mendata dengan detail berapa warga yang terdampak langsung, dan berapa warga yang masuk kategori prasejahtera.

“Semua kami beri paket sembako, tapi jumlahnya berbeda menyesuaikan kategorinya. Kalau yang terdampak covid langsung kami beri lebih, karena kami yakin mereka pasti juga ada tanggungan yang harus dibayar. Makanya kami bantu sembakonya untuk meringankan beban mereka,” kata Pudjo.

Apa yang dilakukan Pudjo dan warganya ini mendapat respon positif dari warga kampung lain. Ada donatur yang siap menyumbang sejumlah bahan makanan untuk disalurkan Pudjo ke wargnya.

“Senang banget ternyata kepedulian tidak saja datang dari warga kami, namun dari kampung sebelah. Saya meminta donatur tersebut untuk mengirimkan bantuannya bulan depan saja, sambil melihat kondisi warga kami bulan-bulan ke depan. Siapa tahu nambah warga yang perlu dibantu. Para donatur juga menyatakan siap membantu kembali bila dibutuhkan donasinya,” pungkas Pudjo. (adv.hmsbwi/ful)