Salah Membuat Saluran Drainase, Separuh badan Jalan Jembatan Ambles

oleh -
Tampak siswa melewati jalan yang rusak di Dusun Krajan, Desa Ranuyoso, Kecamatan Ranuyoso Lumajang. Jalan Ini sekarang tidak bisa dilewati mobil. (Foto: arahjatim.com/rokhmad)

Lumajang,ArahJatim.com – Terkikis air hujan selama sebulan, pondasi jalan rabat beton di Dusun Krajan Desa Ranuyoso, Kec. Ranuyoso, Lumajang longsor ke jurang dengan kedalaman hingga 12 meter. Akibatnya, jalan tak bisa lagi dilalui kendaraan roda empat, karena separuh jalan ambles pada Sabtu (3/3/18).

“Tiap hari hujan deras, terus tebingnya terkikis air sampai ke tengah (dalam) jalan ini, jalannya sampai kayak ini keadaannya,” ungkap Muhammad Ali, warga setempat.

Selain karena besarnya debit air di dasar jurang, longsoran ini juga diduga terjadi akibat salahnya pembuatan saluran drainase yang tepat berada di bawah jalan longsor.

“Ini kan got (drainase) nya juga lewat di bawah jalan, mungkin air yang mengalir dari drainase ini juga mengikis bagian atas pondasi,” tambah Ali.

Warga berharap, pemerintah setempat membuatkan jembatan alternatif, karena kondisi jalan ini cukup mengkhawatirkan, meski sudah dilakukan perbaikan.

“Kalau bisa dibuatkan jembatan saja, soalnya kalaupun ini diplengseng lagi, kemungkinan longsor susulan bisa terjadi mas,  di sepanjang bahu jalan sudah banyak yang retak karena terkikis air,” pungkasnya. (rokhmad)