Lagi, Akibat Diguyur Hujan, Lahan Se Luas 180 Meter Ambles

oleh -

PONOROGO, arahjatim.com – Akibat guyuran hujan deras sejak Rabu kemarin sore, lahan seluas 180 meter di RT/RW 03/04 Desa Tugurejo Kecamatan Slahung mengalami ambles. Akibatnya tanah diatasnya mengalami longsor.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebanyak enam belas warga dari lima Kepala Keluarga terpaksa mengungsi dan tinggal di rumah familinya.

Kepada arahjatim.com Kapolsek Slahung AKP Paidi,SH menjelaskan, tanah ambles yang disusul dengan longsornya lahan tersebut akibat guyuran hujan yang cukup deras sejak Rabu sore kemarin.

“Intensitas hujan kemarin sore memang sangat deras. Dan itu mengakibatkan lahan ambles disusul longsoran tanah yang berada diatasnya.” jelas Paidi kepada arahjatim.com tadi siang (5/3).

Sementara warga desa setempat yang tinggal diradius 200 meter dari lokasi kejadian diminta untuk mengungsi.

Kapolsek Slahung AKP Paidi , SH dan Danramil setempat saat dilokasi kejadian.(Foto: ArahJatim.com/rib)

“Untuk sementara warga 1menyelamatkan diri dan tinggal dengan familli mereka sambil menunggu tempat untuk menampung mereka. Mudah-mudahan tempat penampungan untuk warga yang mengungsi segera dibuat, sehingga mereka bisa tinggal dipenampungan sambil menunggu situasi aman.” Imbuh Kapolsek Slahung.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, warga diharapkan selalu waspada karena curah hujan masih relatif tinggi. Selain itu, tekstur tanah dilokasi kejadian murni tanah liat tanpa ada campuran batu. Sementara letaknya juga berada di lereng gunung loreng.

“Sebenarnya tanda-tanda ada retak ini kan sudah ada sejak 2018 lalu. Tetapi warga memilih kembali ke rumah masing-masing karena akhirnya tidak terjadi apa-apa.” imbuh Paidi lagi.

Untuk itu ia berharap, selain tetap waspada terhadap kemungkinan terjadi longsor, warga segera mencari tempat yang dirasa aman, dan secepatnya menginformasikan ke pihak-pihak terkait.(rib)