Safari Ramadhan Perdana Di Panti Asuhan Al-Huda, Ini Kata Bupati Kediri

oleh -
Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno bersama Kajari Kab. Kediri Subroto, SH. MH., para Kepala SKPD dan jajaran Muspika Grogol saat bersafari Ramadhan di Panti Asuhan Al-Huda Insan Kamila di Desa Sembak Kecamatan Grogol. (Foto: arahjatim.com/das)

Kediri, ArahJatim.com – Bulan Ramadhan telah tiba. Seperti tahun-tahun sebelumnya, di bulan yang penuh ampunan dan berkah ini Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar kegiatan Safari Ramadhan. Tempat pertama yang menjadi lokasi Safari Ramadhan tahun ini adalah Panti Asuhan Al-Huda Insan Kamila di Desa Sembak Kecamatan Grogol. Dihadiri Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, acara yang digelar Senin (21/5) ini juga dihadiri Kajari Kabuapten Kediri Subroto, SH. MH., para Kepala SKPD dan jajaran Muspika Grogol.

Ketua Yayasan Al Huda Insan Kamila Drs. H. Romadlon, MM mengucapkan selamat datang kepada Bupati Kediri dan seluruh hadirin. Dalam sambutannya, putra pendiri yayasan ini menyampaikan Yayasan Al-Huda berkembang, meski pelan namun pasti.

“Saat ini yayasan memiliki lembaga pendidikan dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP hingga SMK. Di sini juga ada taman pendidikan Al Qur’an, madrasah diniyah, pondok pesantren dan panti asuhan. Semua ini tak lepas dari uluran tangan dan pembinaan Ibu Bupati beserta jajarannya, sehingga yayasan bisa berkembang dengan baik,” katanya.

Tidak hanya memperhatikan segi pendidikan, Yayasan Al-Huda Insan Kamila juga aktif mengikutsertakan anak-anak untuk mendapatkan pelatihan keterampilan, seperti pembuatan sepatu, melukis di kain kanvas dan membatik. Hal ini ditujukan agar mereka mandiri dan kelak bisa berperan dalam kehidupan masyarakat.

“Alhamdulillah ada beberapa usaha ekonomi yang dikelola di sini, diantaranya ternak ayam, mentok dan bebek. Selain itu juga pembuatan kue kering dan basah. Jadi anak-anak ini sudah ahli bikin kue,” lanjutnya.

Kajari Kab. Kediri Subroto, SH. MH., saat menyampaikan kultum di acara safari Ramadhan di Panti Asuhan Al-Huda Insan Kamila di Desa Sembak Kecamatan Grogol. (Foto: arahjatim.com/das)

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengapresiasi apa yang disampaikan M. Romadlon. Beliau ingat dengan sosok KH. Muhammad Bachrun selaku pendiri yayasan yang sekarang sudah wafat.

“Saya yakin, yayasan ini bisa terus berjalan dan berkembang di bawah pembinaan putra-putri Kyai Bachrun,” katanya.

Menjelang berbuka puasa, seluruh hadirin mendengarkan kultum yang disampaikan oleh Kajari Kabupaten Kediri Subroto, SH. MH. Kepada anak-anak, Kajari Subroto mengajak untuk tidak mudah terpengaruh oleh pemberitaan atau informasi yang beredar di media massa dan media sosial.

“Belajarlah dengan baik, apapun yang terjadi di luar sana, semua tergantung hati dan akhlak kita masing-masing. Banggalah dan kembangkan apa yang telah diberikan oleh pendidik di sini. Jaga kerukunan, jaga kekompakan, dan hindari hal-hal terlarang,” pesannya. (Kominfo)