Ribuan Personel Gabungan Di Banyuwangi Siap Amankan Nataru

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49243543247_d236324290_b.jpg

Banyuwangi, ArahJatim.com – Dalam rangka pengamanan Natal 2019, dan Tahun Baru 2020, jajaran Polresta Banyuwangi beserta pasukan lain dari berbagai unsur menggelar apel siaga skala besar di Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi, Kamis (18/12/2019) siang. Apel dipimpin langsung oleh Kapolresta Banyuwangi, AKBP Arman Asmara Syarifudin, SIK.

Dalam amanah apel yang dibacakan, Kapolresta meminta personel gabungan untuk mewaspadai adanya gangguan keamanan selama pelaksanaan Natal dan tahun baru. Selain menyiagakan pasukan khusus di sejumlah tempat yang rawan adanya aksi kriminalitas, juga disiapkan anjing pelacak guna mendeteksi barang yang dianggap berbahaya seperti bom maupun barang berbahaya lainya.

Usai menggelar apel dan menyematkan tanda pita kuning kepada perwakilan anggota dan instansi terkait sebagai tanda dimulainya Operasi Lilin Semeru 2020 hingga 10 hari ke depan, Kapolresta beserta rombongan Forkompimda langsung melakukan pemusnahan ribuan botol miras berbagai merek hasil Operasi Aman Semeru 2019. Sebelum dimusnahkan menggunakan alat berat, satu persatu rombongan Forkopimda melempar botol miras di depan alat berat yang diawali oleh Kapolresta AKBP Arman Asmara Syarifuddin.

Sementara itu, dengan didampingi General Manajer Indonesia Ferry ASDP Ketapang, KSOP, Danlanal, rombongan juga mengecek pos kesehatan yang berdiri di halaman parkir pelabuhan sekaligus melihat langsung kesiapan sejumlah armada kapal feri yang beroperasi di Pelabuhan Penyeberangan lintas Ketapang-Gilumanuk Bali.

“Ini dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. Kita siagakan 1.850 personel gabungan yang intinya nanti fokus pada titik-titik black spot dan keramaian kendaraan saat Natal dan Tahun Baru, khususnya penyeberangan Ketapang Gilimanuk ini. Kita juga siagakan pasukan khusus dari Brimob untuk mengantisipasi adanya jibom maupun terorisme. Semuanya akan bekerja sama dengan TNI dari Kodim maupun Lanal,” tegas Kapolresta Banyuwangi, AKBP Arman Asmara Syarifuddin.

Selain itu kapolres juga berinteraksi langsung dengan sejumlah penumpang kapal untuk menanyakan pelayanan dan kenyamanan yang diberikan pihak pelabuhan serta melihat langsung alat navigasi keselamatan di anjungan kapal. Diharapkan pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 mampu memperkuat sinergitas dengan seluruh stake holder guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang merayakan Natal dan tahun baru nanti.

“Tentunya pasti ada peningkatan jumlah penumpang maupun kendaraan saat libur Natal dan tahun baru nanti, kita sudah siagakan 56 kapal. Namun jika nanti kepadatan semakin banyak kita akan siagakan kapal-kapal cadangan,” kata GM ASDP Ketapang, Fahmi Alweni. (ful)