Revolusi Industri Jangan Dicegah, Tapi Harus Diikuti

oleh -
Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyerahkan penghargaan kepada Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri drh. Munfarid, MM. Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten Kediri dalam membina dan menumbuhkembangkan Koperasi dan Usaha Mikro. (Foto: arahjatim.com/kominfo)

Kediri, ArahJatim.com Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno menerima penghargaan dari Kementerian Koperasi serta Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten Kediri dalam membina dan menumbuhkembangkan Koperasi dan Usaha Mikro.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Bapak Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga kepada Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri drh. Munfarid, MM. Penyerahan yang dilaksanakan di Gedung Smesco lantai 3 Jakarta pada acara “Ragam Kriyanusa Jawa Timur Dalam Etnik Kontemporer Di Era Revolusi 4.0” (28/11).

Pada waktu yang bersamaan juga diberikan penghargaan serupa kepada 4 Kabupaten di Madura yaitu Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Baca juga :

Dalam sambutannya Menteri Koperasi dan UKM mengatakan di era modern seperti sekarang ini para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) harus mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi agar tidak ketinggalan dalam hal pemasaran. Misalnya mau pesan produk apapun yang tersedia, konsumen dapat memanfaatkan fasilitas online di handphone untuk memesan dan bisa langsung dikirim.

“Hal ini merupakan salah satu bentuk revolusi industri yang harus kita ikuti setiap perubahan dan kemajuannya, karena kalau tidak, kita akan tertinggal oleh zaman yang semakin modern. Walaupun sistem online terus berkembang kita harus tetap memiliki stand, toko atau pusat oleh-oleh sebagai rujukan para konsumen agar mereka dapat datang dan memperkenalkan daerah kita masing-masing,” terangnya.

“Yang perlu kita perhatikan selain hal pemasaran adalah kemasan/packaging. Penampilan yang bagus pasti akan memiliki daya tarik sendiri bagi konsumen. Barang-barang yang kita produksi dikemas dengan baik serta berkualitas dapat meningkatkan pemasarannya,” jelasnya. (Kominfo)