PT KAI Daop 9 Jember Terapkan Protokol Penanganan Covid-19

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49661173042_d0060ac00f_b.jpg

Banyuwangi, ArahJatim.com – PT KAI Daop 9 Jember sebagai penyedia jasa transportasi publik turut serta berperan aktif mendukung pemerintah dalam menangani penyebaran virus Corona dengan menerapkan Protokol Penanganan Covid-19 di sejumlah stasiun yang berada di wilayah kerjanya.

Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona, PT KAI Daop 9 Jember telah melakukan beberapa langkah, di antaranya melakukan penyemprotan cairan pembersih yang mengandung disinfektan baik eksterior maupun interior rangkaian kereta.

Menyiagakan petugas kebersihan di tiap  stasiun maupun di atas kereta. Melakukan pembersihan menggunakan cairan disinfektan di tiap stasiun pada tempat-tempat yang sering digunakan oleh banyak orang. Menyediakan cairan hand sanitizer di tiap-tiap stasiun.

Baca juga:

Melakukan sosialisasi terkait virus corona dan langkah pencegahannya kepada para penumpang kereta. Pembagian masker di sejumlah stasiun kepada penumpang, dan menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan di pos kesehatan yang ada di stasiun, serta pemeriksaan suhu tubuh penumpang KA saat boarding menggunakan thermometer gun.

PT KAI Daop 9 Jember mengimbau kepada calon penumpang yang kondisi tubuhnya tidak fit agar tidak memaksakan diri naik kereta api. Selain itu penumpang diharapkan untuk melapor kepada petugas stasiun atau kondektur kereta jika merasa tidak sehat, sehingga cepat ditindaklanjuti oleh petugas.

“Demi efektivitas pencegahannya, kami juga mengajak kepada pengguna KA untuk menjaga kesehatan diri dan memakai masker jika sedang sakit,” ujar Mahendro Trang Bawono, Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember.

Sebelumnya, PT KAI Daop 9 Jember juga telah melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona di berbagai stasiun dan internal KAI pada Januari 2020, yakni saat awal beredarnya kabar virus corona. Sosialisasi tersebut berupa pemasangan spanduk, pembagian brosur, pembagian masker, dan kampanye hidup sehat oleh petugas kepada penumpang.

“Upaya-upaya preventif penyebaran virus corona terus kami lakukan baik di atas kereta maupun stasiun. Kami juga mengajak pengguna KA untuk sama-sama proaktif mencegah penyebaran virus corona,” tutup Mahendro. (ful)