PT KAI Daop 9 Jember Beri Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Kepada Calon Penumpang

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49315174613_e665ebc582_b.jpg

Banyuwangi, ArahJatim.com – Guna memberikan kenyamanan kepada calon penumpang yang akan bepergian menggunakan moda kereta api, PT KAI Daop 9 memberikan layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis di Stasiun Kota Banyuwangi, Kamis (2/1/2020) siang.

Layanan ini merupakan fasilitas tambahan kepada calon penumpang kereta api yang akan melakukan perjalanan arus balik pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Selain di Stasiun Kota Banyuwangi, layanan pemeriksaan kesehatan gratis juga dibuka di dua stasiun lainnya yaitu di Stasiun Jember dan Probolinggo.

Baca juga:

Menurut Humas PT KAI Daop 9 Jember, Mahendra Terang Nawono, dibukanya layanan kesehatan gratis sebagai upaya memberikan fasilitas tambahan bagi para penumpang selama liburan Nataru. Sebab okupansi penumpang selama liburan Nataru mengalami lonjakan cukup signifikan yang rentan adanya penumpang mengalami gangguan kesehatan.

“Layanan kesehatan gratis ini kita laksanakan mulai tanggal 31 Desember 2019 di Stasiun Jember, kemudian hari ini di Stasiun Banyuwangi Kota, dan besok tanggal 3 Januari di Stasiun Probolinggo. Ini kan terjadi kenaikkan penumpang selama masa angkutan Nataru. Sembari menunggu kedatangan kereta, penumpang bisa memanfaatkan fasilitas yang kita sediakan untuk memeriksakan kesehatannya,” tegas Mahendra.

Ada beberapa layanan pemeriksaan kesehatan yang disediakan dengan melibatkan empat tenaga medis, di antaranya pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat, serta pengukuran berat badan, juga konsultasi medis. Selain itu juga disediakan obat, vitamin, dan brosur pelayanan klinik Mediska, serta menyediakan ruang ibu menyusui, dan fasilitas kursi roda bagi para penumpang yang membutuhkan layanan.

“Karena untuk melakukan perjalanan jauh, penumpang memerlukan kondisi tubuh yang sehat terutama penumpang lansia, ibu hamil, dan anak-anak. Kami mengimbau agar para penumpang dapat memaksimalkan seluruh fasilitas kesehatan yang telah disediakan KAI ini. Pastikan kondisi kesehatan fit sebelum melakukan perjalanan menggunakan kereta api,” tutup Mahendra.

Sementara itu, Hermawan, salah seorang penumpang KA Wijayakusuma mengaku sangat terbantu dengan dibukanya layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Apalagi penumpang bertubuh tambun tersebut, memiliki gejala kolesterol dan asam lambung yang sewaktu-waktu bisa kambuh saat dalam perjalanan jarak jauh.

“Sangat terbantu, apalagi saya ini mau ke Solo yang waktu tempuhnya juga cukup lama. Ini saya juga diberi obat gratis,” kata Hermawan. (ful)