Polres Lumajang Gelar Simulasi Antisipasi Kericuhan Pilkada, Inilah Caranya

oleh -
oleh
Salah satu adegan melumpuhkan para pengunjuk rasa yang berbuat anarkistis saat melihat hasil pilkada. (Foto: arahjatim.com/mua)

Lumajang, ArahJatim.com – Aparat keamanan gabungan di Lumajang menggelar simulasi pengamanan hasil pilkada serentak di Gor Wirabhakti. Simulasi tersebut melibatkan jajaran anggota Polres dan Polda Jatim, TNI, serta masyarakat umum.

Tahapan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah disimulasikan damai hingga ricuh diperagakan anggota polisi dan TNI. Dalam aksi simulasi pengamanan tersebut, aksi ketidakpuasan terjadi tehadap tahapan dan hasil pilkada. Diantara simulasinya aksi anarkis di kantor KPU Kabupaten Lumajang, mulai pembakaran ban hingga penjarahan sejumlah pertokoan di jalan protokol.

Petugas yang terdiri dari TNI – Polri sedang melakukan latihan penanganan massa yang ribut. (Foto: arahjatim.com/mua)

Selain mengerahkan personil dalam jumlah besar, simulasi juga didemontrasikan pukul mundur massa, menggunakan dua mobil water canon dan pelepasan gas air mata.

arahjatim new community
arahjatim new community

“Skenario ini kita buat dengan kondisi terburuk, apabila nanti terjadi, tapi tetap kita berharap hal itu tidak terjadi di Lumajang,” kata AKBP Rachmad Iswan Nusi, Kapolres Lumajang.

Seperti diketahui, Kabupaten Lumajang juga menjadi salah satu wilayah yang akan melakukan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah, serentak pada tahun 2018.

“Sejauh ini aman, itu harapan semua orang terhadap tahapan pilkada aman dan tentram sampai selesai nanti”, imbuh AKBP. Rachmad Iswan Nusi. (rokhmad)

 

Baca juga:

No More Posts Available.

No more pages to load.