Pesan Perdamaian Dari Madura Untuk Indonesia dan Dunia

oleh -
blob:https://www.flickr.com/b7a10503-8b90-449c-b11c-02026b8924fd

Pamekasan, ArahJatim.com – Pamekasan mendapat kehormatan sebagai tuan rumah kegiatan Peace Run 2020. Acara ini merupakan hasil kolaborasi Rotary Club Indonesia, Forum Kerukunan Umat Beragama dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam angka menjalin kerukunan dan perdamaian dunia.

Acara bertajuk “Madura Bersinar, Dari Madura Untuk Indonesia dan Dunia” ini dibuka oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, di tempat wisata Api Tak Kunjung Padam, di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Kamis, 6 Februari 2020.

Sejumlah undangan tampak hadir, di antaranya jajaran Forkopimda, Forkopimka, OPD (organisasi pimpinan daerah), Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), para alim ulama, perwakilan Rotary dari beberapa negara, di antaranya Indonesia, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Kroasia, Puerto Rico, Bahama, dan Singapura, juga masyarakat Pamekasan. Hadir pula tamu kehormatan, R.AY. Febri Hapsari Dipokusumo dari Keraton Surakarta.

Obor Api Peace Run 2020 ini diarak dari tempat wisata Api Tak Kunjung Padam menuju Pendopo Agung Ronggo Sukowati Pamekasan. Obor dibawa secara estafet oleh para pelari andalan Jawa Timur, para pemain Akademi Madura United, atlet Pamekasan serta anggota TNI dan Polri. Obor diarak bersama bendera dari sepuluh negara yang akan disinggahi. Selanjutnya akan diarak ke 10 negara sebagai pesan perdamaian dan lari perdamaian untuk semua negara.

“Pengambilan api pertama di tempat wisata Api Tak Kunjung Padam ini, (diharapkan) bisa menyampaikan pesan serta salam perdamaian kepada seluruh negara. Dengan diambilnya api dari sini semoga bisa mewakili salam perdamaian yang diharapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya dan masyarakat dunia,” ujar Bupati Pamekasan, Badrut Tamam.

Badrut Tamam juga berharap dengan terselengaranya kegiatan ini dapat lebih memperkenalkan objek wisata “Api Tak Kunjung Padam” kepada masyarakat luas.

“Saya juga berharap dengan adanya kegiatan ini destinasi wisata Api Tak Kunjung Padam/Api Alam ini bisa berkembang serta bisa dikenal masyarakat luas”, imbuhnya.

Sementara R.AY. Febri Hapsari Dipokusumo sangat terharu atas penyambutan dan dukungan yang luar biasa dari pemerintah dan masyarakat Pamekasan.

“Saya sangat terharu dan merasa bangga karena kami sudah diterima oleh masyarakat Pamekasan dan Madura. Dukungan Kabupaten Pamekasan ini amat luar biasa, ‘Hebat’nya bukan hanya slogan tetapi Hebat Luar Dalam dan Lahir Batin. Karena kami disambut dengat amat sangat luar biasa. Saya berharap sinar dari Madura untuk Indonesia ini bisa menyinari semua negara dengan perdamaian,” ungkap R.AY. Febri Hapsari Dipokusumo selaku perwakilan Rotary Club Indonesia. (ndra)