Pemuda Pencuri Kotak Amal Babak Belur di Tangan Warga

oleh -

Pamekasan, ArahJatim.com – Siang bolong menjadi ajang kesempatan untuk membobol kotak amal masjid. Ini yang dilakukan Ratnoto (29), warga Desa Jarin Kecamatan Pademawu. Beruntung aksi pelaku, Senin (14/9) siang itu dipergoki warga sekitar.

Menurut penuturan Tosan, salah seorang warga sekitar, ia melihat gerak gerik mencurigakan seorang pemuda berambut pendek di pelataran masjid, saat warga hendak melaksanakan salat berjemaah.

Terlihat, pelaku dengan cepat memecahkan kotak amal yang berada di pelataran Masjid An Nur Desa Konang, Kecamatan Galis, Pamekasan.

“Kami intip pas orang itu sedang beraksi, namun dia sadar aksinya ketahuan warga. Seketika pelaku langsung lari tunggang langgang ke arah Desa Murtajih. Namun warga terus mengejarnya,” tutur Tosan.

Pelaku sempat menggondol uang dari kotak amal sejumlah Rp700 ribu sebelum warga meringkusnya.

“Pelaku kami kejar hingga sampai di depan warung bakso di dekat sekolah MTsN Pademawu. Melihat kelakuan yang tidak terpuji, warga pun langsung meringkusnya, bahkan beberapa orang sempat memukul pelaku. Jadi lumayan jauh warga mengejar pelaku yang lari ke arah selatan. Di tangan pelaku ternyata sudah berhasil mengambil Rp700 ribuan dari amal masjid,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Galis, Iptu Barid Fauzan menjelaskan, bahwa memang benar ada kejadian tersebut. Saat ini pihak kepolisian sedang mendalami kasus pencurian tersebut.

“Sebelumnya, kita koordinasi dengan Polsek Pademawu, sebab pelaku diamankan oleh warga polsek setempat. Namun, karena Locus Delicti-nya ada di wilayah hukum Galis,” tutupnya. (ndra)