Bupati Pamekasan Pantau Razia Masker di Monumen Arek Lancor

oleh -

Pamekasan, ArahJatim.com – Operasi penegakan kedisiplinan bermasker di masa pandemi Covid-19 sudah dimulai di Kabupaten Pamekasan.

Operasi gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP, Dishub dan Kejari mulai digelar di hari pertama bagi pengguna kendaraan dua maupun roda empat, serta tukang becak di Jalan Lingkar Monumen Arek Lancor Pamekasan, Senin (14/9/2020).

Giat operasi masker pertama ini berhasil menjaring ratusan pengendara yang melanggar protokol kesehatan (Prokes) covid-19. Sementara bagi pelanggar nantinya akan didata, dan kemudian dilakukan proses sidang oleh pihak kejaksaan.

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam menyerukan semua pengendara untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan memberikan arahan kepada seluruh pengguna jalan agar setiap bepergian mengunakan masker demi menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain.

“Serta kami imbau bagi semua pengguna jalan dan semua lapisan masyarakat mulai hari ini dan seterusnya wajib memakai masker jika bepergian keluar rumah, karena pandemi ini belum selesai,” imbaunya.

Sementara, hakim yang menjatuhkan sanksi kepada para pelanggar mengatakan, pelanggar akan dijatuhi sanksi tilang KTP yang harus ditebus dengan uang sebesar Rp20 ribu. Uang denda yang terkumpul digunakan untuk kepentingan covid-19.

“Pada setiap pelanggar yang tidak menggunakan masker dijatuhi sanksi tilang KTP, kemudian ditebus dengan uang sebesar Rp20 ribu dan diberi masker untuk dikenakan para pelanggar. Nantinya uang tersebut akan digunakan untuk kepentingan covid-19,” tegas hakim kepada setiap pelanggar yang tidak menggunakan masker, saat persidangan.

Kasatpol PP Pamekasan, Kusairi menambahkan, operasi razia masker ini untuk menanamkan disiplin dan menegakkan hukum terhadap para pelanggar protokol kesehatan covid-19. Operasi ini akan dilakukan setiap hari.

“Bahwa operasi razia masker ini untuk penerapan disiplin serta penegakan hukum sesuai protokol Covid-19 dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Pamekasan. Kegiatan ini akan kita lakukan setiap harinya. (adv/ndra)