Menyambut HUT RI, Polres Blitar Kota Bersihkan Makam Bung Karno dan Istana Gebang

oleh -

Blitar, ArahJatim.com – Untuk menyambut HUT RI ke 75, jajaran Polres Blitar Kota melaksanakan bakti sosial, yaitu membersihkan Makam Sang Proklamator RI Bung Karno dan Istana Gebang, atau rumah kecil Bung Karno Sabtu (15/8/2020).

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, menjelang Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 75, pihaknya membersihkan 2 ikon Kota Blitar, yakni Makam Sang Proklamator RI Bung Karno di Jalan Ir Soekarno dan kediaman keluarga Bung Karno Istana Gebang di Jalan Sultan Agung Kota Blitar.

“Kami mengerahkan sekitar 250 personel, untuk membersihkan lingkungan Istana Gebang. Mulai dari taman, hingga seluruh bagian dari bangunan bersejarah yang kini menjadi cagar budaya aset negara. Selanjutnya dengan berlari sejauh sekitar 2 km para personel Polres Blitar Kota, menuju Kawasan Makam Sang Proklamator Bung Karno untuk melakukan aksi bersih-bersih dan membagikan sembako,” terang AKBP Leonard M Sinambel, Kapolres Blitar Kota.

Leonard menambahkan, kegiatan bersih-bersih tersebut, sebagai bentuk memaknai semangat perjuangan dalam mengisi kemerdekaan RI, juga ingin meneladani nilai – nilai perjuangan melalui kegiatan membersihkan tempat bersejarah.

“Kemudian turut berbagi pada para veteran pejuang kemerdekaan, serta warga masyarakat khususnya tukang becak yang hidupnya tergantung di kedua loaksi bersejarah yang juga tujuan wisata tersebut,” jelas Leonard.

Diharapkan, dengan aksi sosial yang dilakukan oleh Polri tersebut mampu menjadi motivasi bagi generasi muda untuk mengisi dan meneladani semangat peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 75, serta berbuat yang terbaik untuk Bangsa Indonesia. (mua)