Madura United Pilih Gelora Delta Sidoarjo Sebagai Home Base

oleh -

Bangkalan, ArahJatim.com – Jelang kembali bergulirnya Liga 1 2020, Stadion Gelora Delta Sidoarjo menjadi stadion favorit untuk dijadikan home base tim Jawa Timur (Jatim) untuk bermain di lanjutan Liga 1 2020.

Selain sedang diincar Persebaya Surabaya sebagai home base, Stadion Gelora Delta Sidoarjo kabarnya jadi kandang Madura United.

Madura United memilih home base di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Ini diketahui dari jadwal lanjutan kompetisi Liga 1 2020 yang beredar luas.

Dimana laga penutup pekan keempat lanjutan Liga 1 2020 ini menyajikan laga Madura United vs Persib Bandung, kick off pukul 20.30 WIB di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Dengan demikian Madura United pindah dari dua stadion yang selama ini menjadi home base di Liga 1 2020, yakni Stadion Gelora Bangkalan (SGB) dan Stadion Gelora Ratu Pamelingan (SGRP), Pamekasan.

Zia Ulhaq Abdurrahim, Direktur Utama PT. Polana Bola Madura Bersatu, perusahaan yang menaungi Madura United (MU) menjelaskan, keputusan ini dilakukan atas beberapa pertimbangan teknis.

“Lapangan SGB dijadwalkan ada perbaikan untuk persiapan venue latihan Piala Dunia U-20 2021,” kata Zia Ulhaq, Kamis (3/9/2020).

Sementara, satu stadion lainnya, SGRP, dalam pengajuan sebagai home base tidak disetujui PSSI. Hal ini yang menjadi acuan Madura United memilih home base untuk melanjutkan liga yang sempat berhenti lantaran pandemi Covid-19.

“Sempat mengajukan SGMRP, namun operator kompetisi tidak merekomendasikan atas pertimbangan meminimalisir jarak tempuh jalur darat dari Bandara-Hotel ke penginapan,” jelas pria yang akrab disapa Habib itu.

Memotong jarak tempuh jalur darat ini juga berkaitan pertimbangan meminimalisir risiko penularan Covid-19.

Stadion Gelora Delta, dijelaskan Zia Ulhaq menjadi pilihan terbaik stadion terdekat yang memenuhi kualifikasi PSSI.

Apalagi, Stadion Gelora Delta tidak asing bagi Madura United, karena beberapa laga pernah digunakan sebagai home base.

“Stadion Delta Sidoarjo alternatif terbaik karena Madura United pernah gunakan sebagai home base dalam beberapa pertandingan sebelumnya,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Stadion Gelora Delta juga menjadi markas sejumlah tim Liga 1 lainnya. Bhayangkara FC pernah bermarkas di sana pada TSC 2016, begitu pula Persipura saat Liga 1 musim 2019 lalu.