Kontes Aglaonema Nasional Di Kediri Menarik Minat Banyak Peserta

oleh -
Komunitas peminat Aglaonema dari daerah Kediri, Malang, Blitar, Jember, Surabaya, Jakarta dan daerah lain seluruh Indonesia turut menyemarakkan Kontes Aglaonema Nasional di Kota Kediri, Jatim. (Foto: arahjatim.com/das)

Kediri, Arahjatim.com – Keindahan tanaman Aglaonema banyak diminati masyarakat Indonesia. Mulai dari cara merawatnya, mengoleksi berbagai jenis hingga melombakannya dalam Ajang Kontes Bunga Aglaonema. Salah satu kontes aglaonema ini dilaksanakan di Kabupaten Kediri yang bertempat di Gedung Serbaguna Doko, Minggu (8/4/18) mulai pukul 10:00 WIB hingga selesai.

Para peserta tampak memadati lokasi untuk mengantre dan mendaftarkan tanaman aglaonema kebanggaannya untuk dilombakan. Mereka adalah komunitas peminat Aglaonema yang datang dari daerah Kediri, Malang, Blitar, Jember, Surabaya, Jakarta dan daerah lain seluruh Indonesia.

Sebelum dinilai, dengan tekun dan teliti para peserta membersihkan serta menata penampilan aglaonema miliknya sebaik mungkin agar mampu menarik perhatian para juri. Juri penilaian dalam kontes tersebut, di antaranya Fais dari Komunitas Aglaonema Sambalado Kediri, Yosi dari Malang dan Santosa dari Majalah Trubus.

“Tujuan utama acara ini dilaksanakan pastinya untuk meningkatkan tali silaturami dari seluruh komunitas pecinta Aglaonema di indonesia. Even yang dilaksanakan setiap tahunnya ini, sudah 4 kali dilaksanakan di Kediri,” ujar Fais.

Even tersebut membagi perlombaan menjadi  4 kategori/kelas yaitu kelas Jouvanil kecil maksimal 9 daun, kelas tunggal minimal 10 daun, kelas majemuk merah dan non merah. Kriteria penilaian juga ditetapkan mulai dari keseluruan penampilan, kebersihan, kelangkaan serta kriteria dari tanaman Aglaonema yang dilombakan.

Salah satu peserta tampak memamerkan tanaman aglaonema kebanggaannya. (Foto: arahjatim.com/das)

Salah satu peserta dari Komunitas SAM Aglaonema Malang Siswanto sangat senang dengan adanya kontes Aglaonema di Kediri ini.

“Saya ikut acara ini pertama (untuk) partisipasi, kedua (sebagai) hobi dan ketiga mengenalkan produk Aglaonema yang ada di Batu Malang, selain itu saya bisa ketemu teman-teman baru dari komunitas lain,” ucapnya.

Pengumuman nama-nama pemenang kontes menjadi penutup kegiatan ini. Raut wajah bahagia terpancar dari wajah-wajah pemenang kontes Aglaonema kali ini. Untuk melengkapi kebahagiaannya, mereka berfoto dengan tanaman-tanaman kebanggaannya itu. Semoga penyelenggaraan kontes ini bisa memupuk kecintaan dan memberi pengenalan masyarakat awam terhadap tanaman aglaonema. (das)