Pemkab Kediri Gelar Pekan Raya The Colors Of Panji

oleh -
Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Joko Susilo mewakili Bupati Kediri, dr. Hj. Hayanti Sutrisno membuka acara The Colors Of Panji didampingi kepala SKPD dan camat se-Kabupaten Kediri. (Foto: arahjatim.com/das)

Kediri, Arahjatim.com – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar acara The Colors Of Panji tahun 2018. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Pamuksaan Sri Aji Joyoboyo, Desa Menang, Kecamatan Pagu, Jumat (6/4/18) hingga Minggu (8/4/18) akhir pekan lalu.

Acara dibuka Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Joko Susilo mewakili Bupati Kediri, dr. Hj. Hayanti Sutrisno, didampingi kepala SKPD dan camat se-Kabupaten Kediri. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan hari jadi Kabupaten Kediri ke-1214.

Turut meramaikan gelaran acara ini adalah 32 stan pameran yang terdiri 11 desa wisata di Kabupaten Kediri dan UMKM. Terdapat pula sajian food truck, serta arena hiburan pasar malam. Selain itu juga dipentaskan beberapa kesenian budaya seperti pentas jaranan, pemilihan duta batik, aneka lomba dan cerdas cermat pertanian antar SMA se-kabupaten Kediri.

Bupati Kediri, dr. Hj. Hayanti Sutrisno dalam sambutan yang dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Joko Susilo, menyatakan khazanah budaya panji merupakan salah satu kekayaan bangsa indonesia yang keberadaannya mengakar di benak masyarakat di nusantara. Keberadaan cerita panji tidak dapat dilepaskan dari keberadaan Kediri sebagai menjadi tempat dan waktu menunjukan awal cerita panji.

“Hal ini membentuk ikatan emosi. Untuk itu masyarakat dan Pemkab Kediri bertekad menjadikan panji sebagai jati diri yg perlu dilestarikan bersama,” jelasnya.

Ditambahkan lagi oleh Joko, pelestarian budaya ini menjadi bagian penting dari upaya pembangunan Pemkab Kediri yang menyeluruh. Hal ini sejalan dengan misi membangun kepariwisataan dan kebudayaan sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan pelestarian budaya daerah.

“Upaya pelestraian budaya panji oleh Pemkab sesuai kapasitas dan kewenangan Kabupaten Kediri. Usaha pelestarian yang dilakukan antara lain menghimpun budaya panji yang dikembangkan dapat memberikan nilai yang apresiatif dan edukatif,” tambahnya. (das)