Kini Ada Drone Penyebar Pupuk, Benih Dan Pestisida

by -

Kediri, ArahJatim.com – Teknologi canggih di bidang pertanian telah hadir dan digunakan. Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kediri berharap modernisasi pertanian di Indonesia dapat menggugah minat generasi muda untuk terjun di bidang pertanian, rabu (9/10).

Sebelum acara dimulai, rombongan yang terdiri dari jajaran Kementerian Pertanian RI dan Forkopimda Kabupaten Kediri melihat teknologi pertanian modern yang terdiri dari drone penyebar benih, pupuk, dan pestisida, serta transplanter, dan pompa air.

“Apa manfaatnya? Pertama, efisien. Biasanya saat tanam membutuhkan 20 orang untuk 1 hektar, sedangkan panen kita butuh waktu 20 hari. Jika menggunakan teknologi ini, dengan luas yang sama hanya butuh waktu 3-5 jam. Jadi kita bisa memangkas waktu sampai 90% dan biaya bisa ditekan hingga 60%. Dengan teknologi ini kita akan mampu bersaing dengan negara-negara lain yang lebih maju,” kata Mentan.

Baca Juga :

Menteri Amran menambahkan, jika pertanian modern sudah diterapkan, 5-10 tahun kedepan Indonesia sejajar dengan negara maju lainnya. ”Alhamdulillah pemuda tani yang turun ke sawah mencapai 500 ribu orang termasuk Gempita (Gerakan Pemuda Tani Indonesia). Hasilnya saat ini ekspor kita bisa naik 90 juta ton. Dengan menggunakan alat canggih pasti hasil pertanian kita juga akan meningkat sampai 3 kali lipat,” ungkapnya.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengucapkan terima kasih kepada Menteri Amran Sulaiman yang telah memberikan bantuan diantaranya drone, hand traktor dan pompa air. Alsintan tersebut akan segera dimanfaatkan untuk peningkatan pertanian. (Kominfo)