Kembangkan Bumdes dan Usaha Pemuda Kreatif

oleh -
Suasana di bengkel produksi sandal “Kediri Lagi”. (Foto: arahjatim.com/kominfo)

Kediri, ArahJatim.com Pemerintah Desa (Pemdes) Kencong, Kecamatan Kepung mendukung kreativitas warganya untuk pengembangan produk UMKM di sana. Selama ini Pemdes melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) telah memfasilitasi sejumlah usaha di Desa Kencong agar tetap berjalan dan terus berkembang. Salah satu dukungan itu adalah berupa pemodalan terhadap usaha mikro pembuatan sandal ‘Kediri Lagi’ yang dijalankan pemuda desa.

“Desa mendukung kreativitas pemuda tersebut yang disinergikan dengan Bumdes. Bantuan pemodalan ini untuk meningkatkan usaha Bumdes juga mengembangkan produk UMKM masyarakat Desa Kencong,” kata Wiyono.

Dimana selama ini Bumdes membantu permodalan dan dorongan supaya usaha tersebut terus berjalan, sementara untuk produksi dan pemasaran telah dilakukan oleh pelaku usaha itu sendiri.

Baca juga:

Alhasil dengan dukungan dari Bumdes tersebut, usaha sandal milik Lukman Badar bisa lebih berkembang lagi. Bahkan sandal yang dibuatnya bisa merambah ke luar daerah, baik ke Trenggalek, Tulungagung, Blitar dan Nganjuk. Harganya variatif, mulai Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu tergantung corak dan model sandal. Dalam menjalankan usaha sandalnya ini, Lukman dibantu 4 karyawan di bagian produksi dan 2 karyawan di bagian pemasaran.

“Usaha ini juga sudah memiliki nama sendiri yakni Akada, asli Kabupaten Kediri,” sahut Wiyono sembari memegang sandal saat produksi.

“Jika ingin memesan sandal jepit ‘Kediri Lagi’ ini bisa langsung menghubungi nomor HP saya atas nama Wiyono, Kepala Desa Kencong Kecamatan Kepung di nomor 082334738676. (Kominfo)