Mas Bup Dhito dan Mbak Dewi Ziarah makam Bupati terdahulu di wisata religi Setono Gedong

oleh -

Kediri, Arah jatim.com – Menjelang hari jadi Kabupaten Kediri ke 1217, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Wakilnya Dewi Maria Ulfa, Rabu 24 Maret 2021 pukul 20.00 wib mendatangi lokasi wisata religi Setono Gedong Kota Kediri.

Usai berziarah putera Seletaris kabinet Pramono Anung ini menjelaskan tujuannya kedatanganya ke wisata religi Setono Gedong, melakukan ziarah ke makam Bupati Kediri terdahulu.

” Tujuanya untuk mendoakan beliau beliau, yang lebih dulu tiada. Kebetulan besok bertepatan Ultah Kediri ke 1217 . Maka sehari sebelumnya kita mendoakan jasa jasa Bupati Kediri yang terdahulu, ” Ujar Mas Bup Dhito

Dalam doanya, Bupati Termuda ini meminta kepada Allah SWT, agar masyarakat Kabupaten Kediri selalu diberikan kesehatan

 ” Doa yang saya panjatkan yang jelas, saya kira semua kepala daerah melakukan hal yang sama yaitu kesehatan yang paling penting. Kalau sudah sehat masyarakat Kabupaten Kediri , diberikan kesejahteraan dan kebahagiaan, ” Harap bapak 1 anak tersebut.

Dalam kunjunganya tersebut, Dito didampingi juri kunci, anggota dewan, pegawai Dinas Pariwisata Kota Kediri, serta sejumlah Budayawan. Sebelum berkunjung ke makam, Dito beserta Wakilnya terlebih dahulu berdoa ke Pendopo.

Ada beberapa makam Bupati Kediri terdahulu yang disemayamkan di tempat wisata religi tersebut diantaranya, R Panji Djoyokusumo, Tondo Adi Cokro, Danudiningrat 1, Danudiningrat 2, R Mochamad Machin, R Aryo Kusumo Adinoto.

Menurut juru kunci makam Muhammad Yusuf Wibisono, Mas Dito adalah Bupati pertama yang datang berziarah ke sini setelah dilantik menjadi Bupati Kediri

Sekedar diketahui selain terdapat makam Bupati Kediri terdahulu, disini juga bersemayam jasad Syekh Wasil Syamsudin atau pangeran mekah, tokoh penyebar agama Islam di Kediri.(das)