Inilah Penyebab Hutan Gunung Rante Terbakar Hebat

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/48927328921_ae05e40b0a_b.jpg
Meskipun dilaporkan sudah mulai berkurang, dari kejauhan tampak, asap masih mengepul di sekitar Rest Area Gunung Rante yang terbakar hebat sejak Sabtu (19/10/2019) petang. (Foto: arahjatim.com/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com – Beberapa titik api yang membakar di kawasan hutan Gunung Rante, Banyuwangi, terpantau masih membara, Minggu (20/10/2019) pagi. Asap juga masih tampak mengepul di sekitar Rest Area Gunung Rante yang bersebelahan dengan Gunung Ijen. Tim SAR gabungan kesulitan untuk memadamkan api lantaran api menjalar ke mana-mana hingga ke jalan raya di lereng gunung.

Dari pantauan BPBD Banyuwangi, ada sekitar 10 hektare lebih lahan hutan yang terbakar sejak Sabtu petang kemarin. Lokasi lahan yang banyak terbakar berada pada kawasan administrasi wilayah Kabupaten Bondowoso. Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab terbakarnya Gunung Rante ini.

Namun BPBD menduga kebakaran disebabkan adanya pembukaan lahan pertanian yang dilakukan oleh warga dengan cara dibakar hingga api menjalar ke wilayah administrasi Banyuwangi.

“Sumber api dari wilayah administrasi Bondowoso. Karena di wilayah itu sering terjadi pembukaan lahan dengan cara dibakar, sehingga merambat sampai ke wilayah administrasi Banyuwangi,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam Suryadi.

Cepatnya api menjalar bukan hanya disebabkan oleh banyaknya ranting pohon dan ilalang yang mengering. Tetapi kencangnya embusan angin yang melanda kawasan Gunung Rante dan Gunung Ijen Sabtu malam juga membuat api dengan cepat menjalar.

Baca juga:

Sementara itu, empat pendaki yang dikabarkan terjebak di puncak gunung, hingga kini masih belum terevakuasi. Tim SAR gabungan masih belum bisa menjangkau lokasi di mana empat pendaki tersebut terjebak. Tim SAR gabungan juga belum mengetahui identitas empat pendaki yang dikabarkan terjebak tersebut.

“Tim masih melakukan pencarian. Untuk identitas juga belum diketahui,” tambah Eka.

Sebelumnya diberitakan, kawasan hutan di Gunung Rante terbakar hebat sejak pukul 18.00, Sabtu petang. Kobaran api terlihat jelas dari kawasan Rest Area Gunung Rante yang bersebelahan dengan Gunung Ijen.

Akibat kebakaran, empat pendaki dikabarkan terjebak di atas gunung lantaran tak bisa turun karena jalur pendakian juga tebakar.

“Perhutani sudah menerjunkan petugas (pemadam) kebakaran hutan untuk mengeliminasi kobaran api, agar tidak meluas. Hingga siang ini api dilaporkan mulai berkurang,” pungkas Eka Muharam. (ful)