Gunung Rante Terbakar Hebat, Empat Pendaki Dikabarkan Terjebak

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/48927235716_65e2dc5d3b_b.jpg
Gunung Rante yang berada di perbatasan dua Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi terbakar hebat, Sabtu (19/10/2019) malam. Banyaknya batang pohon yang kering ditambah besarnya embusan angin membuat kobaran api dengan cepat membakar hutan Gunung Rante. (Foto: arahjatim.com/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com – Gunung Rante yang berada di perbatasan dua Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, terbakar hebat, Sabtu (19/10/2019) malam. Belum diketahui secara pasti penyebab terbakarnya hutan di kawasan pegunungan tersebut.

Menurut keterangan sejumlah warga, api mulai membakar kawasan hutan di atas gunung sejak pukul 18.00, Sabtu petang. Api terlihat semakin membesar dari Rest Area Gunung Rante lantaran banyaknya ranting pohon dan ilalang yang mengering di musim kemarau panjang ini.

Angin kencang yang ada di puncak gunung juga membuat api semakin cepat menjalar ke mana-mana hingga mendekati jalan raya di lereng gunung. Warga dan Tim SAR yang di sekitar rest area tak bisa berbuat banyak karena sulitnya medan dan besarnya api. Mereka bahu-membahu hanya untuk melakukan penyekatan secara manual agar api tak menjalar ke warung-warung yang ada di lereng Gunung Rante.

“Tadi sekitar pukul 18.00 lebih gunung mulai terbakar. Api cepat membesar karena banyak batang pohon yang kering. Anginnya sangat kencang. Daripada membahayakan, saya langung turun,” ujar Sarmin, salah seorang warga yang kebetulan berada di rest area Gantasan.

Selain itu, akibat kebakaran tersebut, empat pendaki dikabarkan terjebak di puncak gunung lantaran tidak bisa turun saat jalur pendakian terbakar. Tim SAR gabungan dan TNI/ Polri hingga kini masih mencoba melakukan proses pendakian gunung melalui jalur lain untuk memastikan informasi benar tidaknya kabar empat pendaki itu terjebak.

Sementara, sejumlah wisatawan yang hendak mendaki Gunung Ijen maupun Gunung Rante memilih putar balik lantaran embusan asap akibat kebakaran sudah mengarah hingga kawasan Rest Area Gantasan yang ada di Desa Tamansari, Kecamatan Licin. Pihak kepolisian Polres Banyuwangi juga mengimbau kepada masyarakat yang akan mendaki Gunung Rante maupun Gunung Ijen untuk mengurungkan niatnya lantaran jarak pandang terganggu asap kebakaran.

“Iya kami imbau masyarakat jangan naik dulu, kondisinya sedang tidak baik. Kita fokus ke pencarian pendaki yang kabarnya ada yang terjebak di atas gunung,” kata Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi.

Hingga pagi ini titik api yang membakar kawasan hutan Gunung Rante masih terpantau membara. Tim SAR gabungan masih mencoba melakukan pendakian ke atas gunung untuk melakukan proses pemadaman api.

“Medannya susah, api sudah mulai menjalar ke jalan raya. Asapnya tadi juga menyesakkan dada,” kata Serma Dedi, Anggota Koramil Glagah yang baru turun dari lokasi kebakaran. (ful)