Ini Harapan Kaum Tionghwa Jelang Imlek

oleh -
Beberapa Umat Tionghwa dan pengurus Klenteng mulai membersihkan patung-patung Dewa untuk menyambut Hari Imlek. (Foto: ArahJatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Menjelang datangnya tahun baru Imlek 2570, yang akan diperingati oleh Umat Tionghwa pada tanggal 5 Februari mendatang, kesibukan mulai terlihat di Klenteng Poo An Kiong, yang berada di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Beberapa Umat Tionghwa dan pengurus Klenteng mulai membersihkan patung-patung Dewa untuk menyambut Hari Imlek.

Satu-persatu patung-patung Dewa dibersihkan dengan kuas, untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di patung Dewa. Selanjutnya patung-patung Dewa dicuci dengan air kembang dan dibilas dengan air bersih. Setelah bersih patung-patung Dewa dikembalikan pada tempatnya masing-masing. Pembersihan patung Dewa-Dewi ini dilakukan bergotong-royong, sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur, karena telah naik ke kahyangan, sehingga patung Dewa-Dewi dalam keadaan kosong.

Baca juga :

Juru Kunci Klentang Poo An Kiong, A Kiu mengatakan, prosesi membersihkan patung-patung Dewa ini rutin dilakukan setiap menjelang Hari Imlek.

“Rangkaian menyambut Tahun Imlek dimulai kemarin, dengan berdoa di Klenteng dan selanjutnya hari ini membersihkan patung-patung Dewa.” ujar A Kiu.

A Kiu menambahkan, di tahun baru Imlek nanti, pihaknya berharap agar negara aman, selalu diberi keberkahan dan keselamatan.

“Sekarang kan tahun politik, jadi kami berharap agar tidak ada perpecahan di antara warga masyarakat, meski sekarang merupakan tahun politik yang rawan terjadinya gesekan antar pendukung Capres-Cawapres.” tambah A Kiu.

Untuk pemasangan lampu-lampu lampion, rencananya dari pihak Klentang akan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu mendatang.(mua)