Puluhan Rumah di Banyuwangi Terendam Banjir

oleh -
Banjir rendam puluhan rumah akibat intensitas hujan yang tinggi. (Pict: Arahjatim/ful)

Banyuwangi, Arahjatim.com – Hujan deras dengan intensitas cukup tinggi dan lama mulai siang hingga malam hari yang melanda sebagaian wilayah Banyuwangi mengakibatkan puluhan rumah di Lingkungan Wonosari, Kelurahan Sobo, dan Lingkungan Rowo, Kelurahan Pakis terendam banjir, Kamis (28/5/2020) petang.

Selain itu, angin kencang yang terjadi juga menumbangkan sebuah pohon dan menimpa rumah warga. Beruntung, meski rumah semi permanen ini mengalami kerusakan cukup parah, pemilik rumah bernama Sulimah hanya mengalami luka ringan.

Proses evakuasi nenek berusia 60 tahun ini tidak berjalan cepat. Sulitnya medan akibat genangan air banjir dan jarak tempuh yang jauh, membuat warga kesulitan mengevakuasi Sulimah.

Namun setelah beberapa jam kemudian, warga berhasil menandu korban menggunakan papan dan bambu untuk mendapatkan perawatan medis.

Menurut keterangan ketua RT setempat, sekitar 60 rumah warga di Lingkungan Wonosari, Kelurahan Sobo yang terendam. Selain tingginya intensitas hujan, banjir yang melanda perkampungan padat penduduk ini juga disebabkan aliran Sungai Bagong meluap, akibat tanggul penahan air jebol.

Warga secara gotong royong membuat tanggul dan sebagaian menyelamatkan barang-barang berharga miliknya agar tidak terendam banjir. Luapan air banjir juga membuat beberapa ekor ular di area persawahan ikut hanyut terbawa derasnya arus air banjir.

Warga evakuasi ular saat banjir melanda

Warga berharap pihak pemerintah setempat segera membangun kembali tanggul yang jebol, agar saat hujan deras kembali melanda, air tidak sampai masuk ke pemukiman.

“Biasanya enggak seperti ini kalau banjir, ini parah sekali. Selain hujan lebat banjir di sini juga disebabkan tanggul Sungai Bagong jebol. Yang terdampak ada sekitar 80 an rumah . Tapi yang terendam sekitar 60-an rumah. Ketinggian banjir mencapai 50 centimeter. Warga tadi juga menemukan ular weling terbawa banjir masuk ke pemukiman. Kita berharap ada tindakan cepat dari pihak terkait untuk memperbaiki tanggul agar warga kami tak merasakan banjir lagi kalau hujan beser seperti ini, ” ungkap Slamet Supriyadi, Ketua Rt 02 Lingkungan Wonosari.

Sementara itu, dari laporan Pusdal Ops, Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD), Kabupaten Banyuwangi, di lingkungan Wonosari sekitar 40 rumah yang terendam banjir dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. (ful)