Gunung Kelud Raih Terbaik ke II Malam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018

oleh -
Bupati Kediri dr. Hj Haryanti Sutrisno saat menerima penghargaan Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 di Mercure Grand Marisa Hotel Surabaya, Selasa (23/10/2018). (Foto: arahjatim.com/kominfo)

Kediri, ArahJatim.com – Wisata Gunung Kelud merupakan salah satu destinasi wisata alam terbaik yang ada di Kabupaten Kediri. Bahkan tempat wisata yang memiliki keindahan alam yang luar biasa ini mampu masuk menjadi nominator pada Anugerah Wisata Jawa Timur 2018.

Acara tersebut dilaksanakan pada hari Selasa (23/10/18) di Mercure Grand Marisa Hotel Surabaya. Wisata Gunung Kelud mendapatkan terbaik ke II dalam kategori Daya Tarik Wisata Alam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018. Pada kesempatan tersebut Bupati Kediri dr. Hj Haryanti Sutrisno menghadiri dan menerima penghargaan tersebut.

Baca Juga :

Bersaing dengan destinasi-destinasi wisata alam lainnya, Gunung Kelud mampu mengungguli destinasi wisata daerah lain di Jawa Timur seperti Pantai Ngliyep Kabupaten Malang, Watu Rumpuk Kabupaten Madiun, Api Tak Kunjung Padam Kabupaten Pamekasan, dan Pantai Cemara Kabupaten Banyuwangi. Namun kalah dengan Air Terjun Tumpak Sewu Kabupaten Lumajang yang mendapatkan terbaik ke 1.

Pada acara Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 kali ini terdapat tiga kategori yaitu Daya Tarik Wisata Alam, Daya Tarik Wisata Budaya, dan Daya Tarik Wisata Buatan. Selain itu juga diberikan penghargaan bagi kabupaten/kota di Jawa Timur yang berkomitmen dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur mengucapkan selamat kepada kabupaten/kota yang telah menerima penghargaan Anugerah Wisata Jawa Timur 2018. Mudah-mudahan bisa lebih bagus lagi dan layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

“Saya berpesan kepada kepala daerah se-Jawa Timur agar rencana tata ruang wilayahnya semakin jelas, karena ini salah satu bentuk pertanggungjawaban agar investasi kita bisa masuk, salah satunya mendukung sektor pariwisata,” jelasnya.

“Saat ini di Jawa Timur belum memiliki wisata kuliner yang menjadi ciri khas daerah. Saya berharap ke depannya daerah-daerah akan muncul wisata kuliner yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung,” terangnya.

“Selain itu yang harus diperhatikan adalah kebersihan di area wisata. Dengan kebersihan akan mempercantik tempat wisata tersebut dan wisatawan menjadi betah. Wisata alam kita memang indah, tapi sangat disayangkan jika tercemar oleh kotoran-kotoran yang merusak pemandangan,” terangnya.

“Tempat ibadah dan toilet yang bagus juga merupakan salah satu pendukung yang menarik pengunjung nasional maupun mancanegara,” imbuhnya. (Kominfo)