Dispendukcapil Jemput Bola Layani Perekaman e-KTP Pemula

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri lakukan jemput bola ke setiap kecamatan untuk melakukan perekaman bagi warga yang baru mempunyai e-KTP.

Pada pelaksanaan hari ketiga dilakukan di Kecamatan Banyakan. Perekaman dilakukan di masing-masing kecamatan dengan target seluruh warga yang baru berusia 17 tahun. Mereka bisa mendapatkan e-KTP yang merupakan syarat untuk menyalurkan hak suaranya di Pilkada mendatang.

Kegiatan perekaman e-KTP pemula ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Peserta wajib mengenakan masker, sebelum memasuki lokasi harus cuci tangan, serta saat mengantre juga wajib menjaga jarak. Untuk syarat yang harus dipenuhi bagi pemohon, cukup membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK) serta surat permohonan e-KTP baru dari desa.

Menurut Dwi Atma Agustinus, Plt. Kasi Inovasi Pelayanan dan Kerjasama Dispendukcapil Kabupaten Kediri, hari ini Rabu (07/10/2020) merupakan hari ketiga pelaksanaan perekaman e-KTP, setelah sehari sebelumnya digelar di Kecamatan Gampengrejo dan Kecamatan Kunjang.

“Di Kecamatan Banyakan ini akan dilayani sekitar 200 warga pemula yang baru mendapatkan e-KTP, mulai pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WIB. E-KTP langsung kita cetak dan kita serahkan kepada warga,” kata Agustinus.

“Bagi warga yang telah berusia 17 tahun silahkan memanfaatkan kegiatan perekaman keliling ini agar lebih mudah untuk mendapatkan e-KTP. Sedangkan bagi warga yang belum berusia 17 tahun yang ingin melakukan perekaman, akan tetap dilayani di Kantor Kecamatan pada jam kerja,” imbuhnya.

Perekaman e-KTP pemula ini akan digelar di kecamatan lain di wilayah Kabupaten Kediri. Rencananya besok tanggal 8 Oktober 2020, kegiatan ini digelar di Kecamatan Pagu, dan 9 Oktober 2020 di Kecamatan Grogol.

“Kepada warga yang telah berusia 17 tahun, silahkan datang di kantor kecamatan sesuai dengan tanggal yang telah terjadwal agar secepatnya mendapatkan e-KTP karena langsung kita cetak dan kita serahkan,” tutup Agustinus. (Kominfo)