Dinilai Kompeten, BPBD Jatim Apresiasi FRPB Pamekasan Saat Rakor

oleh -

Pamekasan, ArahJatim.com – Selama 3 hari beruntun, ratusan relawan se-Jawa Timur mengadakan perkumpulan dan guyub mematangkan materi kerelawanan dan kemanusiaan serta pencegahan Covid-19.

Pada kesempatan ini, dibentuk beberapa kelompok kelas diskusi dengan pemateri yang kompeten di bidang kebencanaan. Baik dari BPBD Provinsi maupun dari relawan itu sendiri, salah satu diantaranya dari FRPB Pamekasan.

Gerakan kemanusiaan terutama dalam penanggulangan Covid-19 memang harus padu dan sinergi, baik gerakan kewilayahan maupun dalam kapasitas personel untuk kemudian diaplikasikan dalam pengabdian kemasyarakatan.

Sekelumit yang ditekankan pemateri dari Forum Relawan Penanggulangan Bencana / FRPB Pamekasan dalam sesi kelas kebencanaan di rangkaian rapat koordinasi (Rakor) BPBD Provinsi Jawa Timur dengan mitra relawan se-Jawa Timur pada 21 sampai 23 Agustus 2020 di Obis Jatijejer, Trawas Mojokerto Jawa Timur.

“Alhamdulillah, ketua FRPB, Budi Cahyono dipercaya untuk menjadi pemateri khusus penanggulangan Covid-19. Ini, berkaca pada aksi dan peran aktif kami di Madura selama penanganan pandemi, yang kemudian semuanya mendapat kesempatan untuk berbagi pengalaman dan ilmu tentang penanganan Covid-19 untuk nantinya bisa diterapkan sekitar lingkungannya masing-masing,” ungkap Wahyu, Humas FRPB Pamekasan.

Dalam acara tersebut turut dihadiri dan dibuka oleh Kalaksa BPBD Provinsi Jawa Timur, Subhan Wahyudiono, bersama jajaran Kabid dan pengurus Sekretariat Relawan Penanggulangan Bencana / SRPB Jatim. Nampak juga, puluhan perwakilan relawan dan tokoh masyarakat Mojokerto.

“Dalam menghadapi bencana, keterlibatan masyarakat dan komunitas relawan selain pemerintah memang utama, sehingga sinergitas pentahelix terwujud dengan baik dan tidak kalah terpentingnya tetap disiplin prokes covid 19,” terang Dian Harmuningsih, Koordinator SRPB Jatim di sela acara. (ndra)