Gerobak Informasi, Inovasi Polres Blitar Kota Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

oleh -
Petugas kepolisian memeriksa kesiapan gerobak informasi Covid-10 yang dilengkapi monitor LED. (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Polres Blitar Kota kembali berinovasi. Kali ini, inovasi yang disuguhkan berupa Gerobak Informasi sebagai sarana sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat. Gerobak informasi dilengkapi monitor LED dan sound system. Gerobak ini dioperasikan di Kelurahan Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Relawan mengoperasikan gerobak ini bisa melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat menggunakan video dan suara. Masyarakat bisa melihat cara pencegahan penyebaran Covid-19 melalui video di gerobak informasi. Termasuk tata cara menghadapi pasien virus Corona yang ada di lingkungan tersebut.

“Gerobak ini bukan gerobak biasa, karena berbasis teknologi. Gerobak ini dilengkapi monitor LED dan sound sistem sebagai sarana sosialisasi ke masyarakat. Gerobak informasi ini akan kami kembangan di setiap Kampung Tangguh Semeru,” kata Kasat Reskrim Polres Blitar Kota, AKP  Ardi Purboyo, Jumat (12/6/2020).

Ardi menambahkan, selain dilengkapi teknologi, gerobak informasi juga membawa perlengkapan alat pelindung diri (APD) seperti masker dan hand sanitizer. Masyarakat yang tidak memiliki masker dan hand sanitizer bisa meminta di gerobak informasi.

“Tak hanya itu, gerobak informasi juga menyediakan paket sembako. Paket sembako ini khusus diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan di lingkungan. Kalau ada masyarakat yang ingin memberikan bantuan paket sembako juga bisa disalurkan lewat gerobak informasi,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Kampung Tangguh Semeru dibentuk sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona dengan melibatkan langsung masyarakat. Ada tiga aspek penting yang dikembangkan di Kampung Tangguh. Yaitu, ketahanan kesehatan, ketahanan ekonomi atau pangan dan ketahanan keamanan. (mua)