Tekan Penyebaran Covid-19, Polres Blitar Kota Dirikan Kampung Tangguh

oleh -
Kapolres Blitar Kota dan Pemkot Blitar meninjau kesiapan Kampung Tangguh. (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Dalam upaya melakukan pencegahan dini memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 di wilayah hukum Polres Blitar Kota, Kapolres Blitar Kota bersama Pemerintah Kota Blitar, Pemerintah Kabupaten Blitar serta jajaran Kodim 0808 Blitar melakukan asistensi pembentukan Kampung Tangguh Covid-19, Selasa (26/5/2020).

Selain sebagai pilot project atau percontohan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19, Kampung Tangguh ini dimaksudkan agar dapat melakukan kesiapan dan tindakan awal dalam penanganan Covid-19 di tingkat pedesaan.

Kapolres Blitar AKBP Leonard M. Sinambela mengatakan, ini sebagai upaya mencegah dan memutus mata rantai wabah corona. Diharapkan, kelompok terkecil masyarakat memiliki kemampuan adaptasi yang baik atau memiliki ketangguhan yang tinggi. Karena pertahanan wilayah sangat berguna menangkal berbagai gangguan dari luar termasuk bencana.

“Selain sebagai pilot project atau percontohan, kampung tangguh ini dimaksudkan untuk memberdayakan potensi yang ada di setiap desa tersebut untuk dapat melakukan kesiapan tindakan awal terkait dengan upaya untuk memberantas covid-19. Termasuk tindakan awal apabila ditemukan warga yang terkonfirmasi positif sampai dengan pengurusan dan pemakaman jenazah,” terang AKBP Leonard M Sinambela.

Dengan dibentuknya Kampung Tangguh Covid 19, diharapkan masyarakat siap menghadapi kondisi terburuk. Masyarakat setempat akan lebih siap menghadapi segala permasalahan yang akan timbul dan penyebaran virus Covid-19 dapat ditekan. (mua)