Bertambah Dua Orang, Kasus Positif Corona di Banyuwangi Jadi 25 Kasus

oleh -
Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr. Widji Lestariono. (Foto: arahjatim.com/hmsbwi/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi  mengumumkan adanya penambahan dua pasien positif infeksi virus corona. Dua pasien ini merupakan kontak erat dengan Pasien-18.

“Betul, hari ini pasien terkonfirmasi covid-19 bertambah dua orang, sehingga kini total di Banyuwangi ada 25 kasus covid 19. Mereka berdua ini rekan kerja Pasien-18 yang kerja di salah satu perusahaan pupuk,” beber Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Jumat (19/6/2020).

“Sehingga, di Banyuwangi kini total ada 25 kasus Covid-19. Di mana lima orang sembuh, 19 orang dalam perawatan, dan satu orang meninggal,” kata Rio, sapaan akrab Widji Lestariono.

Rio menjelaskan bahwa Pasien-24 adalah seorang perempuan berusia 41 tahun, tinggal di Kecamatan Kalipuro. Sementara Pasien-25 adalah seorang pria berusia 45 tahun dan tinggal di Kecamatan Banyuwangi.

Rio lalu menceritakan kronologis pasien 24 dan 25. Saat Pasien-18 dinyatakan positif, pada tangl 15 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan swab pada kontak erat Pasien-18.

“Saat itu, hasil tracing terdapat 17 kontak erat yang langsung dilakukan pengambilan swab. Hasilnya, terdapat 10 yang dinyatakan negatif, empat orang yang dinyatakan positif, di mana tiga di antaranya adalah rekan kerja dan yang satu adalah keluarganya. Kita masih menunggu tiga orang yang belum keluar hasilnya,” jelas Rio.

Saat ini, lanjut Rio, gugus tugas sedang melakukan tracing untuk menginventarisir kontak erat dari pasien baru ini.

“Tracing terus kita kembangkan. Ini menunjukkan bahwa kasus transmisi lokal di Banyuwangi terus bertambah. Kami imbau masyarakat untuk jangan lengah, terus patuhi imbauan pemerintah. Masker gunakan, cuci tangan sesering mungkin, dan jauhi kerumunan” pungkas Rio. (adv.hmsbwi/ful)