Bendung Penyebaran Covid-19, Bandara Banyuwangi Disemprot Disinfektan

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49668108228_312a4b8716_b.jpg

Banyuwang, ArahJatim.com – Pencegahan virus corona yang kian mewabah terus dilakukan oleh petugas kesehatan. Selain Pelabuhan Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk dan juga tempat keramaian serta pelayanan publik, petugas juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Selasa (16/3/2020) sore.

Petugas kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Probolinggo, Wilayah Kerja Pelabuhan Tanjung Wangi melakukan sterilisasi virus ke seluruh ruangan di bandara. Penyemprotan dimulai dari drop shot atau titik awal kedatangan kendaraan penumpang, area troli, toilet dan seluruh jalur sirkulasi penumpang maupun masyarakat umum yang masuk ke area bandara.

Selain itu, terminal keberangkatan maupun kedatangan penumpang juga tidak luput dari penyemprotan petugas. Diharapkan  penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh area Bandara mampu mengurangi resiko penularan virus corona atau covid-19 yang kini semakin mewabah di berbagai belahan dunia.

“Pencegahan dengan penyemprotan disinfektan di Bandara Banyuwangi rencananya akan dilakukan selama dua kali dalam satu bulan untuk meminimalisir penyebaran virus corona melalui pintu masuk bandara. Tapi kita lihat nanti, kalau dirasa perlu akan kita tambah menjadi seminggu sekali penyemprotan,” kata Heru Karyadi, General Manajer Bandara Banyuwangi.

Selain penyemprotan, pihak otoritas bandara juga melakukan pengecekan suhu tubuh seluruh penumpang yang memasuki Bandara Banyuwangi untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang yang melebihi ambang batas maksimal yakni 38 derajat celsius.

“Penyemprotan ini dipercaya sangat efekif membunuh virus maupun kuman. Selain disemprot, kita juga harus segera mengelap bidang yang kita semprot dengan menggunakan kain agar virus-virus itu tidak menempel,” jelas dr. Nungky Najwaris Alami, Kepala KKP Kelas II Probolinggo wilayah kerja Banyuwangi. (ful)