Bawaslu Mulai Periksa Pelapor Ustaz Supriyanto Dalam Kasus Video Viral Berisi Ujaran Kebencian

oleh -
Kasus video viral soal dugaan kampanye hitam yang mengandung ujaran kebencian mulai ditangani Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi. (Jumat, 15/3/2019) (Foto: ArahJatim.com/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com – Kasus video viral soal dugaan kampanye hitam di tempat ibadah menyudutkan pasangan calon Presiden (Capres) No. 01 Jokowi-Ma’ruf Amin di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru pada hari Sabtu (9/3/2019) kemarin mulai ditangani Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi Jumat (15/3/2019).

Pelapor, Iskandar Zulkarnain yang sebelumnya dipanggil Bawaslu untuk dimintai informasi terkait kasus yang sempat heboh tersebut, tiba di Kantor Bawaslu di Jalan dr Soetomo sekitar pukul 10.45 WIB. Kedatangannya disambut Ketua Bawaslu, Hamim, dan Komisioner Bawaslu Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Hasyim Wahid dan langsung diajak masuk ke ruangan Ketua Bawaslu, untuk menjalani proses pengumpulan informasi awal.

Kepada Komisioner Bawaslu, Zulkarnain mengakui jika terlapor, Ustaz Supriyanto, masih ada hubungan kerabat dengannya. Namun demikian dirinya tetap melapor atas kasus tersebut.

“Masih ada hubungan kerabat, tapi mau bagaimana lagi,” ungkap warga Dusun Krajan, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, sebelum menjalani proses pengumpulan informasi awal.

Komisioner Bawaslu Divisi Sumberdaya Manusia, Hasyim Wahid mengatakan, laporan sudah diregistrasi. Pelapor didatangkan untuk bahan pengumpulan informasi awal, guna menyimpulkan bersama Gakkumdu apakah laporan bisa ditindaklanjuti ke tahap berikutnya.

Baca juga :

“Terlapor akan diperiksa Senin depan. Pelapor sengaja dipanggil lebih dulu bersama dua saksi yang diajukan untuk pengumpulan informasi awal,” ungkap mantan Kontibutor Televisi Swata Nasionol tersebut  kepada wartawan.

Selain ditangani Bawaslu, perkara yang diduga mengandung ujaran kebencian tersebut juga bergulir di Kepolisian Resor Banyuwangi Jawa Timur. Iskandar Zulkarnain sebagai pelapor juga sudah dimintai keterangan penyelidik, begitu juga dengan Ustaz Supriyanto warga Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru. Meski demikian status terlapor hingga kini masih sebatas menjadi saksi.(ful)