Antisipasi Kecelakaan Jelang Natal, Petugas Gabungan Kota Blitar Sidak Angkutan Umum

oleh -
Sejumlah sopir bus tengah menjalani test urine di Terminal Patria Kota Blitar. (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, Arahjatim.com – Guna mengantisipasi kecelakaan akibat sopir yang tidak fit atau kendaraan tidak laik jalan, petugas gabungan yang terdiri dari Satlantas Polres Blitar Kota, Dinas Perhubungan, BNNK, dan Dinkes Kota Blitar menggelar sidak pemeriksaan kelaikan armada.

Semua kendaraan baik bus antarkota maupun truk pengangkut barang diperiksa. Selain diperiksa kelengkapan surat-surat kendaraannya, petugas gabungan juga memeriksa kondisi kelaikan kendaraan.

Kasatlantas Polres Blitar Kota, AKP Bayu Halim Nugroho mengatakan test kelaikan armada bus ini untuk memastikan keselamatan penumpang. Utamanya menjelang libur natal dan tahun baru. Juga sebagai upaya meminimalisir pelanggaran yang memicu terjadinya kecelakaan.

Baca juga :

“Keselamatan penumpang adalah prioritas utama. Untuk itu kami bekerja sama dengan Dishub, BNNK, dan Dinkes Kota Blitar melaksanakan uji kelaikan armada bus di Terminal Patria Kota Blitar,” papar Bayu Halim Nugroho, Kamis (20/12/2018).

Dari hasil pemeriksaan tersebut, petugas gabungan menemukan armada bus yang menyalahi izin trayek. Petugas kemudian langsung memberikan surat tilang dan memerintahkan bus untuk meninggalkan terminal, karena bukan rute yang sesuai dengan trayeknya.

Petugas juga melakukan test urine terhadap sopir bus dan sopir angkutan. Satu persatu sopir diperiksa urinenya oleh Badan Narkotika Kabupaten. Dari puluhan sopir yang menjalani test urine, hasilnya semua negatif.

“Untuk hari ini kita targetkan dapat 100 sopir yang test urine,” pungkas Bayu. (mua)