Aksi Timsus Polres Lumajang Pukau Ribuan Peserta Millennial Road Safety Festival

oleh -
Inilah salah satu atraksi dalam menyemarakkan acara Deklarasi Keselamatan Berlalu Lintas atau “Millennial Road Safety Festival” yang digelar di Alun-alun Lumajang, Sabtu (16/2/2019). (Foto: arahjatim.com/rokhmad)

Lumajang, ArahJatim.com – Deklarasi Keselamatan Berlalu Lintas atau “Millennial Road Safety Festival” yang digelar di Alun-alun Lumajang, Sabtu (16/2/2019) berlangsung meriah.

Deklarasi yang ditandai dengan pelepasan burung merpati ini awalnya berlangsung biasa. Namun acara tiba-tiba berubah meriah setelah tiga tim khusus Polres Lumajang unjuk kebolehan dalam menangani aksi kejahatan jalanan. Hal ini ditandai dengan tumpah ruahnya ribuan peserta dari berbagai kalangan milenial di Lumajang.

Aksi free style hingga balapan liar di jalan yang ujungnya melakukan tindak pidana kejahatan di jalan ini dilakukan oleh kalangan muda Lumajang. Tim khusus Satlantas Polres Lumajang pun turun tangan melakukan pembubaran terhadap komplotan pemuda tersebut.

Namun, aksi kejar-kejaran tak terhindarkan saat para pemuda itu melakukan perampasan tas milik seorang wanita di jalan, Timsus yang melakukan pengejaran dan pressing pada pelaku berhasil mempersempit ruang geraknya. Hingga tim anti begal Polres Lumajang tiba dan melumpuhkan bandit jalanan.

Baca juga:

Tak hanya itu, Tim Cobra Polres Lumajang juga melakukan pengejaran kepada sebuah mobil pelaku pencurian ternak sapi. Tim Cobra yang bersenjata lengkap ini pun berhasil melumpuhkan pelaku yang mencoba kabur menggunakan sebuah minibus.

Pertunjukan tiga tim khusus dalam deklarasi ini sengaja dilakukan oleh aparat kepolisian setempat agar para pengguna jalan sadar akan pentingnya menjaga keselamatan. Apalagi baru-baru ini PBB merilis angka kecelakaan lalu lintas menempati posisi kelima yang menewaskan korban jiwa setelah keempat penyakit kronis.

“Ini bentuk deklarasi kita, karena angka orang meninggal di jalan itu cukup tinggi maka saya imbau agar kaum milenial jangan sekali-kali melanggar aturan lalu lintas apalagi melakukan tindakan yang melanggar hukum, pasti kita tindak,” ungkap Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban, saat ditanya ArahJatim.com.

Diharapkan, dengan deklarasi keselamatan berlalu lintas ini dapat mengurangi angka pelanggaran lalu lintas yang berakibat hilangnya nyawa. (rokhmad)