Waspada Cuaca Buruk, Sejumlah Rumah Rusak Disapu Angin Puting Beliung

oleh -
Tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri Lumajang dan warga bergotong-royong mengevakuasi material rumah dan pohon yang tumbang disapu angin puting beliung. (Foto: ArahJatim.com/rokhmad)

Lumajang, ArahJatim.com – Hujan deras disertai angin puting beliung yang melanda wilayah Lumajang mengakibatkan 12 rumah warga di Desa Tekung, Kecamatan Tekung, Lumajang rusak pada Jumat petang (09/2/18).

Angin puting beliung menerjang Dusun Magersari Desa Tekung Kecamatan Tekung Lumajang.  Akibatnya 12 rumah milik warga setempat, umumnya rusak bagian atap, genteng beterbangan, melorot, dan sebagian berjatuhan.

Tidak hanya rumah, angin puting beliung juga merusak lahan sengon. Pohon sengon yang tumbang berusia sekitar 1,5 tahun, kecuali milik seorang warga, Abdul Hanan, usia tanamannya sudah di atas 4 tahun dan cukup besar.

“Kita langsung datang ke lokasi untuk membantu warga memotong kayu-kayu yang tumbang, agar bisa meringankan warga dalam memindahkan kayu-kayu yang tumbang,” tambah Wawan Hadi Siswanto, Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik, kantor BPBD Lumajang.

Tim gabungan dari TRC BPBD Lumajang, TNI, Polri dan warga bergotong-royong mengevakuasi atap rumah dan kayu yang terdampak angin. Kerugian diperkirakan mencapai belasan juta rupiah. BPBD mengimbau agar warga tetap waspada, karena hujan disertai angin dimungkinkan terjadi lagi dalam beberapa hari mendatang. (rokhmad)