TNI Bantu Rakyat Membangun Desa

by -
https://live.staticflickr.com/65535/48280038361_bb64cf1337_b.jpg
Proses pembangunan jembatan yang dilakukan TNI dalam rangka TMMD ke 105. (Foto: ArahJatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Guna meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat di pedesaan, TNI Kodim 0808 Blitar melakukan bakti sosial bergotong-royong membangun baik infrastruktur fisik maupun nonfisik selama 30 hari ke depan. Di antaranya membangun jembatan, memperbaiki tempat-tempat ibadah, bedah rumah dan juga perbaikan jalan-raya. Baksos tersebut merupakan rangkaian Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 yang dilaksanakan di Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

TMMD ke-105 ini dibuka langsung oleh Bupati Blitar Rijanto di lapangan Desa Karangbendo, salah satu daerah yang tertinggal dari daerah lainnya. Desa paling timur dari wilayah Ponggok tersebut berbatasan langsung dengan kawasan Perhutani, serta sungai aliran lahar dari Gunung Kelud. Dia menganggap sasaran TMMD sangat tepat untuk menyetarakan Desa Karangbendo dengan daerah lainnya di Blitar.

Baca Juga :

“Kami menyambut baik kegiatan ini karena tahu persis dengan kehadiran TMMD desa dalam melaksanakan pembangunan akan semakin cepat. Alhamdulillah TMMD ke-105 ini Kabupaten Blitar mendapatkan lagi yang mana berada di Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok,” ujarnya.

Sementara Komandan Kodim 0808/Blitar, Letkol Inf Kris Bianto mengatakan, sesuai target 30 hari harus selesai TMMD di Desa Karangbendo tersebut. Sasaran fisik di antaranya, perbaikan jalan sepanjang 2,7 kilometer, pembangunan jembatan, perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 15 unit, perbaikan masjid sebanyak 2 unit, serta pos kamling. Kegiatan nonfisik juga akan dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di sana.

“Nonfisik kita akan melakukan penyuluhan mulai Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, penyuluhan antinarkoba, setiap hari kita ada kegiatan. Tanggal 8 Agustus kegiatan ini harus sudah selesai karena sudah ditetapkan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat, maka dari itu kita bersama masyarakat untuk menyelesaikan tugas-tugas ini,” jelasnya.

Personel yang diterjunkan setiap hari dari Kodim 0808/Blitar sebanyak 150 orang, ditambah bantuan tenaga masyarakat sebanyak 150 orang. (mua)