Tari Kolosal Jawa Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke 1214

oleh -
Tari kolosal melibatkan 1500 penari lebih dari beberapa sekolah SD dan SMP. Tari yang ditampilkan semua tari Jawa diantaranya tari kucing, tari pentul maroco dan tari rangkaian hari jadi Kabupaten Kediri (Foto: arahjatim.com/das)

Kediri, ArahJatim.com – Puncak acara hari jadi Kabupaten Kediri ke 1214, Pemerintah Kabupaten Kediri adakan Seni tari budaya dan pasar rakyat yang dilakukan di monumen Simpang Lima Gumul ( SLG ) kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.

Agenda Seni Tari kolosal sebelum dibuka oleh Bupati Kediri Haryanti Sutrisno lebih dulu dilakukan upacara yang dilakukan di lapangan Gedung balai pemerintahan Kabupaten Kediri.

Dalam keteranganya Haryanti Sutrisno Bupati Kediri menjelaskan, jika kegiatan tari kolosal ini merupakan puncak dari hari jadi kabupaten Kediri ke 1214. Dan untuk kegiatan tari kolosal ini melibatkan anak sekolah. Dan tujuan dari momen hari jadi ini untuk semangat bagawanta bahari untuk membawa kabupaten Kediri lebih maju lagi dan lagi.

“Kita libatkan anak sekolah agar mereka bisa ngurus ngiri budaya ” kata Haryanti saat di temui di agenda kegiatan di SLG

Dan tari kolosal melibatkan 1500 penari lebih dari beberapa sekolahan SD dan SMP, tari yang ditampilkan semua tari Jawa diantaranya tari kucing tari pentul maroco  dan tari rangkain hari jadi kabupaten Kediri.

Terpisah Joko Susilo ketua Panitia Hari jadi Kabupaten Kediri ke 1214 menjelaskan, jika puncak hari jadi kabupaten Kediri tidak hanya dilakukan acara puncak tari kolosal, namun juga ada pasar rakyat yang menampilkan produk unggulan di kabupaten Kediri melalui UMKM.

Dan diperkirakan pengunjung yang datang menyaksikan agenda kegiatan puncak hari jadi kabupaten Kediri mencapai ribuan.

“Memang untuk kegiatan hari jadi kabupaten Kediri ke 1214 pengunjung membludak tidak saja di acara tarian kolosal namun juga pameran pasar rakyat ” pungkas Joko yang juga Assisten 3 Kabupaten Kediri . (das)