Ribuan Warga Sampang Usung Bendera Merah Putih Raksasa Sejauh 2 KM

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49516368158_abba0c3786_b.jpg
Ribuan warga Sampang tampak antusias mengusung Bendera Merah Putih raksasa sejauh 2 kilometer dari depan Taman Ma.kam Pahlawan (TMP) Jalan Raya Kusuma Bangsa menuju alun-alun Wijaya Kusuma Kota Sampang. (Foto: arahjatim.com/ndra)

Sampang, ArahJatim.com – Ribuan warga Sampang, Sabtu (8/2/2020) sore, tumpah ruah ke jalan menyaksikan kirab Bendera Merah Putih raksasa. Kirab dimulai dari depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan Raya Kusuma Bangsa menuju alun-alun Wijaya Kusuma Kota Sampang, sejauh 2 kilometer.

Bendera Merah Putih berukuran 12 x 500 meter itu diusung seribuan orang yang terdiri dari para pelajar, santri, mahasiswa, anggota Pramuka, Karang Taruna, organisasi keagamaan, hingga anggota TNI dan Polri. Mereka sangat antusias mengikuti kirab tersebut.

Parade dan Kirab Kebangsaan Merah Putih ini diselenggarakan oleh Polres Sampang dalam rangka silaturahmi kebangsaan untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan di wilayah Kabupaten Sampang.

Kapolres Sampang, AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro mengatakan, kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk mempererat seluruh elemen masyarakat, dan menekan setiap permasalahan yang bepotensi menimbulkan konflik sosial di masyarakat.

“Tujuan kita agar mempererat seluruh elemen, mengisi ruang kemerdekaan yakni menjaga permasalahan-permasalahan apapun agar tidak berdampak terhadap kamtibmas dan menimbulkan potensi konflik sosial di masyarakat,” ungkap AKBP Didit BWS.

Kapolres juga menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini.

“Saya sampaikan banyak-banyak terima kasih kepada Kodim 0828 Sampang dan Pemkab Sampang serta seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi menyukseskan kegiatan Parade dan Kirab Kebangsaan Merah Putih,” ujar Kapolres.

Bupati Sampang, Slamet Junaidi memberikan keterangan kepada para awak media di sela-sela acara. (Foto: arahjatim.com/ndra)

Sementara Bupati Sampang, Slamet Junaidi dalam sambutannya mengatakan, parade kirab kebangsaan ini sebagai wujud untuk memupuk dan menjaga serta melestarikan eksistensi NKRI yang berideologi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Diharapkan melalui kegiatan tersebut akan tumbuh kesadaran komitmen dan aksi nyata kebangsaan.

“Parade dan Kirab Kebangsaan Merah Putih ini sebagai wujud untuk memupuk dan menjaga serta melestarikan eksistensi NKRI yang berideologi Pancasila dan Ber-Bhineka Tunggal Ika. Diharapkan melalui kegiatan tersebut akan menumbuhkan kesadaran yang berkomitmen, dengan aksi nyata dalam berkebangsaan,” urai Bupati Sampang, Slamet Junaidi.

“Sifat multikultural bangsa ini harus kita jadikan kekuatan utama yang menggerakkan kemajuan dalam perspektif agama hingga spritualitas, sehingga harus diseimbangkan agar tercipta harmonisasi sosial di tengah kehidupan masyarakat,” pungkas Slamet Junaidi. (ndra)