Razia Dadakan di Rutan Sampang, Lima Unit Ponsel Disita Petugas Gabungan

oleh -
Koordinator Rutan Wilayah Madura, M. Hanafi berfoto bersama petugas gabungan dan barang bukti rampasan hasil penggeledahan di Rutan Sampang. (Foto: arahjatim.com/ndra)

Pamekasan, ArahJatim.com – Petugas gabungan dari Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas II A Pamekasan dan Rutan (Rumah Tahanan) Sampang melakukan razia dadakan di Rutan Sampang, Kamis (11/2/2021) petang.

Petugas menyisir setiap sel dan menggeledah barang-barang milik warga binaan untuk mencari kemungkinan masuknya barang-barang terlarang ke dalam rutan. Petugas juga melakukan tes urine terhadap 25 penghuni blok narkoba di rutan tersebut.

Dalam hasil penggeledahan, petugas gabungan berhasil menemukan lima buah telepon seluler, charger HP, kabel, powerbank, korek api gas dan gunting. Sementara, tes urine terhadap seluruh  warga binaan hasilnya negatif narkoba.

Koordinator Rutan Wilayah Madura, M.Hanafi mengatakan, kegiatan-kegiatan gabungan seperti ini rutin dilakukan pihaknya.

“Kita mengadakan kegiatan-kegiatan gabungan dari Korwil Madura secara rutin. Kita dibackup selaku Koordinator Wilayah Madura, termasuk penggeledahan barang-barang terlarang dan tes urine,” kata Hanafi yang juga Kepala Lapas Kelas IIA Pamekasan.

Hanafi melanjutkan, pihaknya akan terus mendukung dan melakukan penertiban di dalam Rutan untuk mencegah masuknya benda-benda terlarang. Biasanya barang-barang tersebut dibawa oleh para pengunjung. Frekuensi penggeledahan terhadap warga binaan ini akan dilaksanakan dua kali seminggu yang dilakukan petugas internal Rutan Sampang.

Sebelumnya, dalam sambutan Hanafi mengatakan, hidup yang baik adalah hidup yang diinspirasi oleh tanggung jawab dan dipandu oleh konsistensi serta keihlasan.

“Menjadi petugas Lapas juga harus konsisten terhadap tata tertib rutan yang ada,” tegasnya. (ndra)