Razia Gabungan di Lapas Pamekasan, Petugas Temukan Ratusan Benda Terlarang

oleh -

Pamekasan, ArahJatim.com – Dalam rangka menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57 yang jatuh pada tanggal 27 April, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan menggelar razia gabungan, Selasa (6/4/2021) malam.

Dalam razia gabungan ini pihak Lapas melibatkan BNNK Sumenep, Polres Pamekasan, Kodim 0826 Pamekasan, Bapas, Kejaksaan Negeri Pamekasan, Brimob, Imigrasi Pamekasan, Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jatim dan jajaran aparat penegak hukum lainnya di wilayah hukum Pamekasan.

Dari razia yang berlangsung selama satu jam tersebut, petugas menemukan sejumlah benda terlarang. Berikut rinciannya: 31 buah korek api, enam batang kayu, dua batang pipa besi, 20 unit alat pencukur jenggot, empat buah gunting, martil besi, dan 10 pecahan kaca,

Selanjutnya, ada tiga bilah pisau buatan, satu pisau dapur, tumpukan kartu remi, satu gergaji besi, satu kantong kresek paku, dua alat potong kuku, dua buah obeng, empat unit HP, dua unit speaker, satu ikat pinggang, enam kabel, tujuh buah sendok besi, cutter, tang capit, dan palu.

Kalapas Pamekasan, M. Hanafi mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya razia gabungan yang melibatkan Kodim, Polisi, BNK, PM, Brimob dan petugas keamanan LP sendiri.

“Dari hasil penggeledahan malam ini ternyata masih banyak temuan benda-benda terlarang. Termasuk HP yang disembunyikan di bawah lantai keramik dan justru modus baru. Kami pun sangat terbantu akan temuan itu, mengingat pada giat-giat sebelumnya tidak kami temui benda tersebut dan letak persembunyian barang tersebut,” ujar Kalapas yang juga Pengasuh Ponpes At-Taubah.

Hanafi mengatakan, semua temuan benda terlarang tersebut akan menjadi evaluasi bagi pihknya, selaku petugas lapas. Namun, lanjutnya, tugas ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pihaknya, tapi seluruh aparat penegak hukum di Pamekasan.

Selain dalm rangka menyambut HBP, razia tersebut juga sebagai antisipasi terkait pelanggaran HP, Pungli, dan Narkoba (Halinar). (ndra)