Pilwalkot Kediri: Tiga Pasangan Bakal Calon Lolos Tes Kesehatan

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Tiga pasangan bakal calon walikota dan bakal calon wakil walikota dinyatakan lolos tes kesehatan, melalui rapat pleno terbuka yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri. Ketiga pasangan tersebut yaitu pasangan Abdullah Abu Bakar dan Lilik Muhibbah, pasangan Aizzudin dan Sudjono, serta pasangan Samsul Ashar dan Teguh Juniadi.

Tiga pasangan bakal calon walikota dan bakal calon wakil walikota dinyatakan lolos kesehatan oleh KPU Kota Kediri. (Foto: das/arahjatim.com)

Meskipun begitu, berkas pendaftaran calon ketiga pasangan tersebut, belum ada yang dinyatakan lengkap. KPU memberi kesempatan kepada para bakal calon untuk melengkapi berkas pendaftaran masing-masing, hingga tanggal 20 Januari mendatang.

Rapat pleno terbuka yang digelar oleh KPU Kota Kediri ini, dihadiri oleh perwakilan partai politik, serta tim kampanye ketiga pasangan bakal calon walikota dan bakal calon wakil walikota. Dalam rapat pleno tersebut KPU menyerahkan salinan hasil tes kesehatan, yang telah diikuti para kontestan di RSUD Dr Soetomo Surabaya pekan lalu.

Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik mengatakan berdasarkan hasil tes kesehatan, ketiga pasangan dinyatakan lolos dan berhak untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Namun demikian, berkas pendaftaran ketiga pasangan calon tersebut belum ada yang dinyatakan lengkap.

Kekurangan berkas pendaftaran masih didominasi oleh laporan harta kekayaan penyelenggara negara, surat keterangan bebas pailit, surat keterangan bebas tunggakan hutang, serta surat keterangan tidak dicabut hak suara.

“Semua kekurangan berkas tersebut harus dilengkapi hingga tanggal 20 Januari mendatang, namun untuk dua jenis persyaratan yaitu surat izin cuti bagi pasangan petahana, serta surat izin mengundurkan diri dari anggota DPRD, bisa diserahkan setelah tahapan penetapan pasangan calon,” ujar Agus Rofik.

Semua berkas tersebut nantinya akan diverifikasi lagi oleh KPU, dan hasilnya akan diumumkan pada saat penetapan pasangan calon walikota dan calon wakil walikota, tanggal 12 Februari 2018. (das)