Minggu Depan Wisata Gunung Kelud Kembali Dibuka

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana Sabtu (3/4/2021) sore mengunjungi kawasan wisata Gunung Kelud di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Kunjungan ini untuk mengetahui kondisi terkini dan kesiapan menjelang dibukanya kembali sektor pariwisata di Kabupaten Kediri.

Di kawasan wisata Mas Bup Dhito berbincang dengan Dul Rokhim, penjaga kawah dan perenang di kawah Gunung Kelud yang juga berprofesi sebagai pengemudi ojek di Gunung Kelud.

“Saya selaku Bupati Kabupaten Kediri kemarin sudah berdiskusi dengan Dinas Pariwisata dan Satgas Covid untuk mulai melakukan relaksasi terhadap tempat-tempat wisata. Kita akan mulai buka (kawasan wisata ini) dalam waktu dekat,” ujarnya.

Mas Bup menambahkan, sejauh ini berbagai persiapan sedang dilakukan untuk membuka kembali sejumlah obyek wisata di Kabupaten Kediri. Termasuk pengecekan di lokasi. Pembukaan itu rencananya akan dilaksanakan minggu depan.

“Hari ini saya telah ngecek Kelud, kemarin Besuki saya sudah cek. Mungkin minggu-minggu depan, nanti tanggal pastinya harus kita pastikan dulu dengan dinas. Saya harus komunikasi sama Kapolres, Dandim juga,” urainya.

Mas Bup Dhito menjelaskan, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, pembukaan kembali sektor pariwisata ini tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat, tak terkecuali pembatasan kapasitas pengunjung.

“Jelas 50 persen kapasitas, masker wajib dan kalau ada yang melanggar mungkin akan kita berikan sanksi ketat. Mungkin akan kita tutup lagi kalau ada pelanggaran yang cukup signifikan,” terangnya. (das)