Masker Langka Akibat Corona, Menkes Imbau Masyarakat Tak Perlu Pakai Masker

oleh -
Menkes Terawan Agus Putranto memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto : Kompas.com)

Jakarta, Arahjatim.com – Setelah penyebaran virus Corona yang hampir menjangkiti seluruh Negara bagian Asia dan Eropa, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menanggapi langkanya jumlah masker di Indonesia pasca-penyebaran virus corona ( Covid-19).

Terawan menyebutkan, orang perlu memakai masker hanya bagi mereka yang sakit. Ia mengimbau masyarakat yang berada dalam kondisi sehat tidak perlu memakai masker.

“Tetap keputusannya dari WHO yang sakit yang pakai masker. Yang sehat enggak usah. Kenapa? Karena apa? Kalau yang sehat pakai juga percuma, dia nanti megang-megang tangannya dan sebagainya. Tetap saja bisa kena,” kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Terawan menambahkan dan menganjurkan kepada masyarakat untuk menjaga jarak dan menjauhi orang terdampak virus Corona tersebut. Ia juga memberikan statement bahwasanya orang terdampak Covid-19 harusnya menutup diri untuk masyarakat, dikhawatirkan akan menyebarkan virus tersebut.

“Daripada itu (pakai masker), mending dia yang menjauhi orang sakit. Yang sakit menutup diri,” ujar Terawan.

Terawan juga menjelaskan, penyebaran virus corona tergantung dengan sistem imunitas dalam tubuh. Bahkan, virus corona bisa sembuh dengan sendirinya jika imunitas tubuh baik. Ia menganjurkan kepada masyarkat untuk menjaga imunitas dalam tubuh dengan baik.

“Ini penyakit yang bisa sembuh sendiri. Sama seperti virus yang lain. Juga angka kematian dua persen atau di bawahnya. Tergantung imunitas tubuh. Makanya dari awal saya bilang, jaga imunitas tubuh,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama virus corona Covid-19 di Indonesia. Dengan pasien asal Depok yang diduga positif terjangkit virus Corona tersebut.

Dua warga Depok, seorang ibu (64) dan putrinya (31) itu terjangkit virus Corona setelah melakukan kontak dengan warga Jepang yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Saat ini keduanya diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saro.

(fik)