Mas Dhito : Wajib Pasang Label Kadaluarsa dan No Kontak

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono atau Mas Dhito hari Sabtu (14/11)  mengunjungi pelaku UMKM di Desa Pehkulon Kecamatan Papar Usai melakukan kunjungan dan berdialog dengan para pelaku UMKM.

Mas Dhito mengatakan, seperti biasa saya selalu melihat UMKM dari tiap-tiap desa dan seperti biasa kebiasaan para pelaku UMKM.

Pertama, tidak mencantumkan label masa kadarluarsa makanan ringan dan minuman yang dijualnya.

Kedua, tidak mencantumkan dimana tempat penjual produknya dan nomor kontak penjual produk yang bisa dihubungi.

Menurut Mas Dhito, Kabupaten Kediri banyak sekali pelaku UMKM yang menjual produk makanan ringan yang rasanya enak. Seperti, makanan ringan melinjo begitu saya rasakan rasanya sangat enak.

Tetapi, begitu saya ingin membeli tidak tahu tempat dan nomor kontak yang bisa saya hubungi untuk membeli lagi makanan tersebut.

Hal ini merupakan kebiasaan mereka yang belum mencantumkan nomor kontak penjualnya.

Lebih lanjut Mas Dhito mengatakan bahwa ada kebiasaan lain UMKM ingin beli alat-alat yang padahal belum tentu perlu alat tersebut.

Saran saya kalau membeli alat sebelumnya harus ada pelatihan dulu dan kita identifikasi  kelebihan dan kekurangan produk dan bagaimana cara mengembangkan produk yang dijual.

“Jangan-jangan mereka sebenarnya belum butuh alat itu, karena masih bisa dilakukan oleh pihak ketiga,” ujarnya.

Sebelumya Putra Mensesneg Pramono Anung juga melakukan kampanye blusukan di sungai Pati Desa Ngampel Kecamatan Papar, Mas Dhito menyapa warga Desa Ngampel yang hobi mancing, sekaligus menebarkan ribuan benih ikan nila, gurami dan tombro.(das)