Tembus 1000 Lebih, Bantuan Mas Dhito Untuk Legalitas UMKM

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Kampanye blusukan Calon Bupati Kediri tahun 2020, Hanindhito Himawan Pramana atau Mas Dhito hari sabtu (21/11)  mengaku terkejut saat melihat perkembangan yang terjadi pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

Mas Dhito mengatakan setiap hari saya mencicipi dan bertemu dengan para pegiat UMKM tapi khusus di Desa Wonorejo ini Cukup mengagetkan, karena mereka baru buka di bulan Februari dan sekarang anggotanya sudah 120.

“Saya coba mulai dari jamunya itu enak, saya coba keripiknya juga enak terus kerajinan tangannya pun juga bagus dan dari packaging atau pengemasan pun sudah siap pemasaran,” ujar bapak satu anak ini.

Lebih lanjut Mas Dhito mengatakan mereka minta untuk diadakan pelatihan pemasaran jadi memang biasanya kendala UMKM ini adalah di pemasaran dan packaging, dua hal itu biasa selalu jadi kendala tapi khusus di Wonorejo tadi saya rasa tinggal terkendala di pemasaran.

“Tadi saya tanya sudah sampai mana saja produk-produk ini, sudah masuk ke Kabupaten Malang bahkan sudah ada yang sampai Jakarta dan sebagainya, jadi artinya sini salah satu UMKM yang cukup potensial saya anggap di Desa Wonorejo ini,” sambungnya.

Program Mas Dhito yang berkaitan “Legalitas UMKM” yakni memberikan bantuan secara gratis dalam pengurusan izin UMKM bagi masyarakat Kabupaten Kediri saat ini telah menembus angka 1000 lebih dan terus berjalan.

“Data yang sudah masuk legalitasnya hari ini sekitar 1220 sekian saya lupa pastinya, lalu yang kita bina yang kita berikan pelatihan dan kita berikan bantuan modal itu ada sekitar 49 nanti saya harapkan terus bertambah,” tuturnya.

“Sekarang baru 49, kenapa karena saya tidak mau terbiasa memberikan bantuan modal itu secara gampang, jadi saya harus ada ijinnya harus kita kasih pelatihan setelah itu baru kita berikan bantuan modal,” imbuhnya.

“Jadi kalau sekali waktu dia ada kondisi dimana UMKMnya turun tidak laku mereka sudah tahu bagaimana caranya bangkit kembali,” pungkas putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung.(das)