Mas Dhito Blusukan Ke Embung Kalibago

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Kampanye Calon Bupati Kediri tahun 2020 Hanindhito Himawan Pramono yang akrab di panggil Mas Dhito, kali ini ke Embung Kalibago di Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri ( 1/11), seperti biasa Mas Dhito berdialog dengan warga untuk mengetahui keingin warga daerah tersebut.

Dhito putra  dari Mensesneg Pramono Anung mengatakan, kewenangan pengelolaan Embung Kalibago ini berada di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Walaupun memang kewenangan ini ada di Pemprov tapi nanti saya akan bicara dengan Pemprov,” katanya seusai berdialog dengan warga setempat.

Mas Dhito mengungkapkan, selain itu warga juga meminta perbaikan pintu air embung agar lumpur atau endapan bisa mengalir ke bawah, kemudian perlunya rumah jaga dan jaringan pipa air dari embung ke kawasan pemukian penduduk sekitar.

“Jadi disini air sudah tidak menjadi persoalan tapi bagaimana proses pengairannya yang sekarang yang harus diperhatikan,” urainya.

Menanggapi keinginan masyarakat setempat menjadikan kawasan Embung Kalibago di Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri sebagai destinasi wisata.

Mas Dhito mengungkapkan dari sisi teknis menjadikan Embung Kalibago sebagai destinasi wisata, agar terlebih dahulu memperhatikan ketersediaan akses jalan yang layak dan terutama terkait mitigasi bencana karena berada zona rawan tanah longsor.

Sehingga perlu pembicaraan atau perencanaan lebih lanjut dan detail dengan pihak terkait yang berhubungan dengan mitigasi bencana.

“Bukannya saya melarang, tidak tapi sangat disayangkan kalau nanti dijadikan destinasi wisata, akses jalannya masih belum memadai dan ini daerah yang cukup sering terjadinya longsor di saat musim hujan,” tutur Mas Dhito.

“Artinya terkait mitigasi bencana tanah longsor ini harus diperhatikan dulu, bagaimana nanti apakah itu nanti akan dibuat kontur-kontur yang sesuai dengan peruntukannya,” imbuhnya.

Sebelumya Mas Dhito blusukan di Desa Datengan  kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri Di desa ini terdapat industri rumah tangga yang bergerak dalam pembuatan genteng dan alat pertanian.(das)