Lapas IIA Pamekasan Terima 30 Napi Pindahan dari Lapas Sidoarjo

oleh -
30 napi pindahan dari Lapas Sidoarjo diberi pengarahan oleh Kalapas II A Pamekasan sebelum ditempatkan di masing-masing sel. (Foto: arahjatim.com/ndra)

Pamekasan, ArahJatim.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pamekasan kembali menerima kedatangan 30 WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) pindahan dari Lapas Sidoarjo, Rabu (24/2/2021).

Dengan alasan demi keamanan, para WBP atau napi (narapidana) ini dipindahkan ke Lapas Pamekasan yang dikenal memiliki tingkat keamanan maximum security di Jatim. Ke-30 napi itu terdiri dari tujuh orang napi kasus kriminal dan 23 napi kasus narkoba.

Walaupun sudah dibekali surat keterangan bebas Covid-19, para napi tetap harus menjalani pemeriksaan Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah masuknya virus corona ke dalam lingkungan Lapas. Para WBP dipastikan bebas dari Covid-19 setelah melalui tes Rapid Antigen dengan hasil negatif.

Sebelum ditempatkan di masing-masing sel, Kalapas Kelas II A Pamekasan M. Hanafi beserta jajaran memberikan pengarahan tentang aturan dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh seluruh warga binaan.

“Ke-30 napi ini kita terima dan kita bagi sesuai dengan kasusnya dan mereka semua wajib mengikuti dan patuh terhadap semua aturan yang ada di lapas ini tanpa ada pengecualian,” kata Hanafi.

Hanafi menjelaskan seluruh napi yang diterima Lapas sudah menjalani pemeriksaan Covid-19 serta dibekali surat keterangan bebas Covid-19. (ndra)