Lagi, Polisi Lumajang Ringkus Pencuri Sapi

oleh -
Polisi Polres Lumajang menangkap pelaku pencurian sapi di Desa Bades Kec. Pasirian beserta barang buktinya, Kamis (28/2/2019) (Foto: ArahJatim.com/rokhmad)

Lumajang, ArahJatim.com – Maraknya kasus pencurian ternak sapi di Lumajang mendapat perhatian serius dari aparat kepolisian setempat, setelah berhasil mengungkap kasus pencurian sapi menggunakan teknologi drone. Kini polisi kembali mengungkap kasus pencurian sapi menggunakan anjing pelacak, hasilnya polisi menangkap pelaku beserta barang buktinya, Kamis (28/2/2019).

“Tadi kita gunakan teknologi drone dan anjing pelacak mas, alhamdulillah berhasil menemukan sapi serta menangkap pelakunya, “ ungkap Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban, saat ditanya sejumlah awak media.

Aksi pengungkapan itu bermula dari laporan masyarakat tentang kasus pencurian sapi milik Sukir (60), warga Desa Bades, Kecamatan Pasirian Lumajang. Polisi bersama TNI serta masyarakat pun langsung melakukan pencarian menggunakan anjing pelacak dan teknologi drone.

Setelah menyisir jalan setapak sejauh 3 kilo meter, akhirnya polisi berhasil menemukan satu ekor sapi jenis limusin yang diduga ditinggal oleh pelaku karena terperosok ke parit di salah satu kebun tebu.

Baca juga :

Seusai mengamankan satu ekor sapi, polisi terus memburu dua ekor sapi lainnya yang dibawa kabur pelaku. Berselang sekitar dua jam, akhirnya polisi kembali menemukan 2 ekor sapi lagi.

“Setelah anjingnya berhenti di salah satu rumah warga, saya perintahkan seluruh anggota bersama masyarakat untuk memeriksa kandang dan akhirnya menemukan dua sapi lagi mas,” ujarnya.

Melihat aparat dan warga di rumahnya, pelaku pencurian sapi ini pun nekat kabur dengan menaiki plafon, hingga akhirnya memaksa petugas bertindak tegas.

“Karena sudah kami minta turun dengan memberikan tembakan peringatan tak menggubris, maka kami berikan tindakan tegas mas, soalnya pelaku juga memiliki senjata tajam yang dapat membahayakan jiwa petugas,” pungkas Arsal.

Selain mengamankan satu orang pelaku, polisi juga langsung menyerahkan tiga ekor sapi pada korban. Polisi masih akan mendalami kasus ini karena pelaku pencurian ini diduga dilakukan oleh lebih dari tiga orang. (Rokhmad)