Kepergok Curi Motor Di Tepi Sawah, Residivis Ini Babak Belur Dihajar Warga

by -
https://live.staticflickr.com/65535/48729042251_2eefa8c865_b.jpg
Satu dari tiga kawanan maling motor ini babak belur dihajar warga karena kepergok mencuri sepeda motor milik seorang warga di Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi. Tersangka Abdul Asis berikut barang bukti alat dan hasil kejahatannya. (Foto: arahjatim.com/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com – Karena kepergok mencuri sepeda motor, satu dari tiga kawanan maling motor di Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi babak belur dihajar massa. Pelaku diketahui bernama Abdul Asis, warga Dusun Kebun Langsep, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.

Tertangkapnya anggota kawanan maling tersebut bermula saat korban yang bernama Lukman Hakim, warga Tegalsari memarkir sepeda motor miliknya di tepi sawah, Kamis (12/9/2019) kemarin. Mengetahui pemilik motor berjalan jauh ke tengah sawah, para pelaku yang sudah melakukan pengintaian terhadap calon korban langsung melancarkan aksinya.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku Abdul Asis bertindak sebagai eksekutor, sedang dua pelaku lainnya bertugas mengawasi situasi. Dengan menggunakan kunci T yang sudah dimodifikasi, Abdul Asis berhasil membuka kunci setir motor Yamaha Jupiter milik Lukman Hakim dan membawanya kabur.

Mengetahui motornya digondol maling, korban dibantu warga sekitar langsung mengejar para pelaku yang berjumlah tiga orang itu hingga salah seorang di antaranya tertangkap. Dua pelaku berhasil kabur, sementara Abdul Asis berhasil ditangkap dan akhirnya menjadi bulan-bulanan warga.

”(Menurut) informasi warga ada tiga pelakunya, yang dua kabur saat warga mengejar. Aksi kawanan maling ini diketahui pemilik motor karena curiga akan suara motornya. Tahu motornya dicuri orang, korban bersama warga mengejar dan akhirnya tertangkap di pasar. Alhamdulillah pelaku berhasil kami amankan dari amukan massa dan langsung kami bawa ke kantor beserta barang bukti motor Jupiter nopol P 6784 YT dan beberapa kunci leter T yang dimodifikasi untuk membuka kunci motor,” kata Aiptu Dwi Edi Sujarwo, Kanit Reskrim Polsek Tegalsari kepada sejumlah wartawan, Jumat (13/9/2019)

Dari hasil penyelidikan pihak kepolisian, ternyata pelaku Abdul Asis merupakan residivis kasus pencurian sepeda motor yang sudah berulang kali keluar masuk penjara. Polisi hingga kini masih memburu dua pelaku lainnya yang berhasil kabur dari kejaran warga. (ful)