Kediri Salah Satu Kabupaten Peraih Penghargaan WTP Dari Kementerian Keuangan

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/48869433066_d021d9ce38_b.jpg

Kediri, ArahJatim.com – Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) menjadi impian dan tolak ukur suatu daerah dalam menjalankan prinsip keuangan. Kali ini, Pemerintah Kabupaten Kediri menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018.

Sebanyak 35 kabupaten kota yang mendapatkan anugerah WTP, mendapat Kabupatan Pacitan, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Kediri, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, dan Kabupaten Ngawi.

Mewakili seluruh penerima anugerah, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terima kasih atas penghargaan yang diberikan.

Baca Juga:

“Ini menjadikan Jawa Timur sebagai top refer dalam proses laporan keuangan daerah. Jadi WTP itu ada dua jenis, WTP dan WTP-DPP. WTT-DPP singkatan dari Wajar Tanpa Pengecualian – Dengan Paragraf Penjelasan. Ada yang sudah dapat WTP tujuh atau delapan kali berturut-turut, tapi itu WTP-DPP,” jelas Khofifah.

Bagi Kabupaten Kediri ini merupakan capaian ketiga secara berturut-turut.

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Prof. Dr.Mardiasmo, MBA, Akt. kepada Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan juga pada 35 kepala daerah yang mendapatkan WTP di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (2/10).

Sementara itu, ada tiga kabupaten di Jawa Timur yang belum mendapatkan WTP untuk LKPD TA 2018, yaitu Kabupaten Jember, Kota Pasuruan dan Kabupaten Tulungagung.

Wakil Menteri Keuangan, Prof. Mardiasmo menyampaikan apresiasinya di Jawa Timur, di mana kurang tiga daerah saja yang belum mendapatkan anugerah WTP.

“Dari 38 pemda, hanya kurang 3. Jika dilihat dari ukuran kesehatan keuangan, ini sudah bisa lari cepat,” katanya.

Untuk itu, diharapkan pemda dapat saling bersinergi dan berkolaborasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Perlu Dibutuhkan Percepatan Dan Pengembangan Yang Diperlukan Diadaptasi Agar Bisa Selalu Beriringan. (Kominfo)