Kantor Bea Cukai Blitar Musnahkan Rokok Dan Miras Ilegal Senilai Setengah Miliar Lebih

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/48830653808_209b57eaca_b.jpg
Petugas menunjukkan barang bukti (BB) sebelum dimusnahkan. (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Blitar menusnahkan 813.954 batang rokok ilegal berbagai merek. Rokok ini hasil sitaan KPPBC sepanjang tahun 2019, dengan nilai lebih dari Rp 0,5 milliar. Bahkan akibat rokok ilegal ini, pemerintah juga mengalami kerugian lebih dari Rp 300 juta.

“Selama 2019 ini, KPPBC sudah melakukan 108 tindakan barang kena cukai ilegal, baik rokok, minuman keras, dan liquid vape,”ungkap Kepala KPPBC Blitar, Moch Arief Seijo Noegroho usai pemusnahan di rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rubasan) Jalan Sumatera, Kota Blitar, Selasa (02/10/2019).

Arief menambahkan, tidak hanya ratusan ribu batang rokok ilegal, pihaknya juga memusnahkan minuman keras sebanyak 213 botol dan 28 botol liquid vape.

Barang-barang yang merugikan negara ini merupakan hasil operasi bersama gempur pasar rokok ilegal.

“Penjual saat ini lebih berhati-hati dalam menjual rokok ilegal. Bila sebelumnya mereka berani memajang di etalase toko, saat ini mereka tidak melakukannya kembali. Penjual lebih memilih menyimpan di dalam rumah dan menjual kepada orang-orang tertentu dengan kode pembelian,” terangnya.

Dalam penindakan ini, KPPBC Blitar juga sudah melakukan penindakan terhadap sales rokok ilegal yang diproses secara hukum sebanyak dua kasus. Bahkan MF sales rokok yang diproses hukum oleh pengadilan negeri blitar sudah dijatuhi hukuman satu tahun dua bulan. (mua)